Ada TMMD Ke-104, Warga Jati Kramat Sudah Bisa Olah Sampah Sendiri

  • Whatsapp

JATISARI – Warga Kelurahan Jatikramat,  Kecamatan Jati Asih mengikuti kegiatan
Non fisik TMMD Reguler Ke-104 Kodim 0507/Bekasi dalam penyuluhan sosialisasi tentang pengolahan sampah terpadu dengan penerapan Bank Sampah, di Aula Kelurahan, Minggu (10/03/2019).

Pengelolaan sampah terpadu dalam TMMD  bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) dengan dihadiri para warga, aparat kelurahan, RT/RW sebanyak 67 orang.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Asep Hendrawan dari BSIP mengatakan, hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

“Dimana sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya. kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan,” kata Asep.

Dalam acara ini Asep juga memapaparkan bagaimana cara dan sistem pembentukan Bank sampah supaya kedepan bisa memberdayakan masyarakat untuk mengolah sampah dan merubah mindset masyarakat bahwa sampah bisa mendatangkan rupiah bila kita mau dan bisa mengelolanya dengan baik.

Sosialisasi penyuluhan menurutnya bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai sampah agar tidak menilai sampah sebagai sesuatu yang tidak memiliki nilai guna.

“Melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang warga, Bambang  mengatakan mudah-mudahan dengan pengelolahan bank sampah ini dijalankan oleh masyarakat, gerakan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih akan berjalan secara berkesinambungan. Juga saya ucapkan kegiatan TMMD Ke – 104 Kodim/Bekasi dilaksanakan di wilayah kami.

Bahkan diharapkan gerakan tersebut dapat memberikan pengaruh kepada kelompok masyarakat lain untuk melakukan gerakan serupa.

“Meskipun bukan berarti bank sampah bentukan pemerintah tidak bisa bertahan. Namun jika itu bentukan masyarakat, maka bisa diartikan bahwa masyarakat setempat sudah siap untuk mengelola sampah,” tambahnya.

Lurah Kramat Heru Ranto, mengatakan melalui kegiatan pengolahan sampah terpadu dengan penerapan Bank Sampah yang digelar Satgas TMMD  ini warga semakin sadar supaya jangan buang sampah sembarangan.

“Saya juga akan mengingatkan kembali warga agar lebih paham tentang pengolahan sampah. Trimakasih ucapkan pada TNI Satgas TMMD Ke 104 Kodim/Bekasi .Sosialisasi ini juga masyarakat sangat antusiasme,” pungkasnya. frynang

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *