TNI Manunggal Membangun Desa Ke 104 Tingkatkan Pembangunan di Perdesaan

  • Whatsapp

Magetan- Sejak dibuka, Senin (26/2) dua pekan lalu, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-104 tahun 2019 yang dilaksanakan Kodim 0804/Magetan di Desa poncol Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, telah mengadakan sejumlah kegiatan baik berupa bangunan fisik maupun non fisik.

Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, mengatakan, dalam pelaksanaan TMMD tersebut, Dandim melibatkan personel jajaran Kodim 0804/Magetan.
“Program TMMD ini dimaksudkan untuk meningkatkan perataan pembangunan di daerah perdesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh,” kata Letkol Czi Chotman JA SE, Rabu (06/3).

Menurutnya, program TMMD tersebut sebagai salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya dan masyarakat.

“Pelaksanaan TMMD di Desa Poncol, Kec Poncol Kab Magetan ini kami adakan pembangunan fisik seperti Pengecoran Jalan Sepanjang 2650 meter, pengaspalan jalan sepanjang 1450 meter, rehab rumah tidak layak huni sebanyak 6 unit, pengecatan Masjid dan Musholah. Empat kegiatan fisik tersebut melibatkan sedikitnya 150 personel TNI, 10 polisi, Pemkab Magetan 10 orang dan dibantu masyarakat,” kata Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0804/magetan Kapten Inf Misran.
Menurutnya, empat bangunan fisik tersebut rata-rata sudah mencapai 60 persen. Melalui program TMMD ini, lanjut Kapten Inf Misran Pasiter Kodim 0804/Magetan, diharapkan akan lebih merekatkan lagi antara TNI dan rakyat.

“Sementara untuk sasaran non fisik di antaranya penyuluhan dan pelayanan kesehatan, penyuluhan tentang kesadaran bernegara dan bela negara, Penyuluhan tentang Kamtibmas dan Bahaya Narkoba dari Polres Magetan, penyuluhan KB Kesehatan dari BPPKB, penyuluhan pertanian dari Distan Kab Magetan, penyuluhan Pajak dari dispenda Magetan, pemberian keterampilan,” ujarnya.

Melalui kegiatan program TMMD tersebut, menurut dia, TNI semata-mata membantu masyarakat dan pemerintah dalam menyukseskan pembangunan.

“Melalui perbaikan dan rehabilitasi fasilitas umum dan sosial ini, masyarakat akan lebih dekat dengan TNI. Karena TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” pungkasnya (tsr0804)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *