Pertanian Jadi Harapan Masyarakat Di Lokasi TMMD Kodim Magetan

  • Whatsapp

Magetan – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-104 Kodim 0804/Magetan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kab. Magetan menggelar sosialisasi berupa penyuluhan pertanian dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di wilayah Kodim 0804/Magetan. Hal ini juga tak lepas dari sinergi yang telah terbangun baik antara Kodim 0804/Magetan dengan Dinas Pertanian Kab. Magetan selama ini.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Poncol ini merupakan rangkaian kegiatan non fisik program TMMD ke 104 Kodim 0804/Magetan. Kegiatan penyuluhan tersebut disampaikan petugas penyuluh pertanian Kabupaten Magetan Nurhadi Darminto, Rabu (06/03/2018).

Adanya penyuluhan tersebut juga sejalan dengan program dengan Dinas Pertanian Kab. Magetan, yang juga ditutuntut untuk memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan kepada para petani yang ada di lokasi TMMD ke 104 Desa Poncol. Sehingga ke depan petani di Desa Poncol ini bisa mandiri dan sukses dalam mengembangkan usahanya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menambah sumber penghasilan di bidang pertanian.

Nurhadi Darminto mengungkapkan, selain untuk mewujudkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia para petani perlu diberikan penyuluhan-penyuluhan salah satunya terkait penggunaan obat dan pupuk untuk pertanian serta teknologi tepat guna untuk pertanian. Dengan begitu, tingkat pengetahuan dan keterampilan para petani semakin baik dan dapat memberikan peningkatkan pula pada taraf hidupnya.

“Penyuluhan pertanian ini juga sebagai upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya khususnya dalam bidang pertanian,” jelasnya.

Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE mengungkapkan penyuluhan ini juga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus mendukung pemerintah dalam mewujudkan program swasembada pangan nasional.

Pak Mubin, salah seorang warga yang mengikuti penyuluhan memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Satgas TMMD dan Dinas Pertanian Kab. Magetan. Mubin berharap dengan kegiatan penyuluhan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani.

“Semoga pengetahuan yang kami peroleh melalui penyuluhan pertanian ini menjadi modal dalam bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan hidup” tegasnya. frynang

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *