Personel Koramil Sudimoro bersama Tim SAR Gabungan temukan Nelayan Yang Hilang Tak Bernyawa

  • Whatsapp

Pacitan – Nelayan yang dikabarkan tenggelam akibat kecelakaan laut di perairan Pantai selatan Pacitan pada Senin (04/03/2019), kini telah ditemukan, namun dalam keadaan meninggal dunia.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan laut tersebut menimpa dua orang nelayan ketika hendak melaut untuk mengangkat jaring, yakni Supangat (42) dan Toiman alias Toijan (52), warga RT 01, RW 14 Dusun Karangturi, Desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dalam kejadian tersebut, perahu mereka dihantam ganasnya ombak laut pantai selatan Jawa, namun salah satu diantaranya selamat yakni Supangat yang di tolong oleh Santoso dan Sunardi nelayan lainnya yang berada di sekitar kejadian. Akan tetapi, nahas bagi Toijan yang tergulung ombak dan hingga akhirnya ditemukan dalam keadaan mengapung.

Komandan Rayon Militer 0801/09 Sudimoro Kapten Chb Joko Prasetyo, menyampaikan, pencarian korban dilakukan oleh tim search and rescue (SAR) gabungan, pada Selasa (05/03/2019), yang dimulai pukul 07.30 – 10.00 WIB di sepanjang Pantai Pacitan – Trenggalek.

“Sekitar pukul 09.30 WIB, Tim SAR BNPP Pos Trenggalek di pimpin Bapak Imam, Komandan Tim SAR BNPP Pos Trenggalek, melihat korban sudah mengapung di sekitaran pantai Clowok timur Pantai Wawaran atau TPI Ngobyok, kemudian tim SAR gabungan melaksanakan evakuasi jenazah, pengangkatan korban ke kapal dan di bawa menuju ke pinggir pantai,” ujarnya.

Joko menjelaskan, sekitar pukul 10.00 WIB tim SAR gabungan mendarat di TPI Ngobyok dengan membawa jenazah korban kecelakaan laut atas nama Toiman alias Toijan, 52 tahun, dan di bawa menuju ke rumah duka untuk di laksanakan pemandian, pembersihan jenazah yang selanjutnya untuk di laksanakan pemakaman.

“Kejadian laka laut ini murni akibat cuaca ektrem yang terjadi di perairan pantai selatan Jawa. Yang mengakibatkan meninggalnya Toijan. Untuk itu kita himbau kepada para nelayan agar selalu waspada ketika hendak melaut. Mengingat musim hujan yang diikuti dengan gelombang tinggi,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam pencarian korban tersebut melibatkan beberapa personil diantaranya, Anggota Koramil 0801/09 Sudimoro, Anggota Polsek Sudimoro, TRC BPBD Pacitan, BASARNAS Pos Trenggalek, SAR Linmas Pol PP, Banser NU, SAR MTA, RAPI, Orari, Kamladu (TNI AL dan Pol Airut), MDMC Pacitan, Forpimca Kecamatan Sudimoro, Pokwasmas, Perangkat Desa Sumberejo, serta nelayan setempat. fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *