Antisipasi Begal dan Pencurian Sapi, Tiga Pilar Lumajang Gelar Patroli Bersama

  • Whatsapp
Dandim Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi, Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, dan Bupati Lumajang, H Toriqul Haq berbincang dengan Satgas Keamanan Desa Umbul, saat melakukan patroli bersama.

Lumajang – Tiga Pilar Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menggelar patrol bersama untuk mengantisipasi begal dan pencurian sapi di wilayah utara Lumajang.

Partroli bersama ini diikuti tiga pimpinan Tiga Pilar Lumajang yakni, Bupati Lumajang,  H Toriqul Haq, Kapolres Lumajang, AKBP  Muhammad Arsal Sahban, dan Dandim Lumajang, Letkol Infanteri Ahmad Fauzi.

Rombongan patroli bersama berangkat dari halaman Kodim Lumajang pada Kamis (21/2) sekitar pukul 23.00 WIB. Dari Kodim, rombongan bergerak ke Kecamatan Kedungjajang melalui JLT untuk menyambangi Balai Desa Umbul.

Di sini, rombongan bertemu dengan satgas keamanan desa. Dalam perbincangan dengan pihak keamanan desa, Bupati Lumajang, Toriqul Haq menjelaskan patrol bersama yang dilakukan Tiga Pilar bukan bertujuan untuk menangkap pelaku kejahatan.

“Melalui kegiatan ini kita ingi memberikan rasa aman bagi warga masyarakat dengan memberikan pesan kalau kami, semua unsur Forkopimda, selalu siap bersama-sama unsur keamanan menjaga keamanan Lumajang “ jelas pria yang karib disapa Cak Toriq.

BACA JUGA:

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban menambahkan, selain untuk memberikan rasa aman, tujuan patroli bersama juga dilakukan agar para pimpinan memahami kondisi kamtibmas di Lumajang.

“Kita berpatroli masuk sampai ke desa-desa karena ingin melihat responsibility anggota satgas keamanan desa yang baru terbentuk,” kata Arsal.

“Hanya sayang, aparat keamanan desa belum dilengkapi peralatan HT untuk menunjang pekerjaan. Padahal HT elemen utama.”

“Saya kira ada dana desa yang bisa digunakan untuk membeli HT. Semoga kepala desa bisa segera melengkapi HT untuk setiap anggota satgas ” tambahnya lagi.

Dandim Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi turut menegaskan, dirinya akan memerintahkan Danramil agar memberikan pelatihan beladiri kepada anggota satgas keamanan desa.

Pasalnya, lanjut Ahmad Fauzi, setiap anggota satgas keamanan desa butuh bekal bela diri agar tak gentar saat berhadapan dengan pelaku tindak pidana kriminal.

Rombongan Tiga Pilar Kabupaten Lumajang menggelar patroli bersama untuk mengantisipasi kejahatan begal dan pencurian sapi di wilayah utara Kabupaten Lumajang.

Usai dari Desa Umbul, rombongan patroli yang menggunakan motor trail dan kendaraan ranger milik Sat Sabhara Polres Lumajang melanjutkan lagi perjalanan ke Desa Pajarakan, Ranuwurung, dan berakhir di Desa Salak, Kecamatan Randuagung.

Sepanjang perjalanan rombongan sempat berhenti beberapa kali untuk menyapa warga yang sedang menjaga kebun-nya dari serangan hewan liar.

Di kesempatan ini Kapolres Lumajang juga sedikit memberikan penyuluhan kepada warga agar lebih berhati-hati saat melakukan kegiatan di malam hari. bem

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *