Kementerian ATR/BPN Capai Target Pengukuran, Pemetaan, dan Pendaftaran Tahun 2018

0
Sekjen Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto dan Irjen Kementerian ATR/BPN, Sunraizal saat memberikan pemaparan Evaluasi Capaian Kinerja 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (6/2).

Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah berhasil mencapai target pengukuran, pemetaan dan pendaftaran di tahun 2018.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto saat menyampaikan pemaparan Evaluasi Capaian Kinerja 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (6/2).

“Mencapai target sejumlah 9.378.496 bidang tanah atau sebesar 134% dari target yang ditetapkan,” kata Himawan.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa kantor pertanahan dapat menyelesaikan target 2018. Namun tetap perlu dilakukan perbaikan kualitas untuk pelaksanaan program strategis pada tahun 2019.

Pertama, kata Himawan, adalah kolaborasi dan konsolidasi pelaksanaan program strategis 2019 antar direktorat jenderal.

Berikutnya adalah percepatan dan peningkatan kualitas output dan outcome.

“Dari hasil kinerja 2019 yang akuntabel mulai dari level Kantor Pertanahan, Kantor Wilayah dan Kantor Pusat,” ujarnya.

Terakhir, masih kata Himawan, adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan PTSL.

“Dengan melakukan pengembangan kota lengkap di 38 kantor pertanahan dalam kegiatan PTSL di tahun 2019,” jelasnya.

BACA JUGA:

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Sunraizal, juga menyampaikan strategi percepatan reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas.

“Setiap satuan kerja, baik kantor wilayah maupun kantor pertanahan wajib membangun zona integritas,” ujar Sunraizal.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar memicu capaian hingga titik optimal untuk memacu akselerasi kualitas layanan profesionalisme aparat dan peningkatan kualitas fasilitas dan ruang layanan publik.

Pencapaian pembangunan zona integritas di Kementerian ATR/BPN adalah dengan ditetapkannya tiga kantor pertanahan sebagai satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas Korupsi.

“Ketiga Satker tersebut adalah Kantor Pertanahan Kota Bandung, Kantor Pertanahan Kota Surabaya I dan Kantor Pertanahan Kota Langsa,” jelas Sunraizal.

Evaluasi capaian kinerja ini menjadi rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Februari 2019. bem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here