Kapolrestro Jakpus dan Dandim 0501/JP Gelar TWC Pengamanan Aksi Massa FSPMI

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan bersama Dandim 0501/JP, Letkol Inf Wahyu Yudhayana melakukan apel persiapan pengamanan aksi unjuk rassa massa FSPMI.
banner 468x60

Jakarta – Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan bersama Dandim 05/01 JP, Letkol Inf Wahyu Yudhayana menggelar kegiatan tactical wall game (TWC) dan apel pengamanan aksi buruh di depan Istana Negara, Rabu (6/2).

Dua kegiatan ini menjadi langkah persiapan Polri bersama TNI untuk mengamankan aksi unjuk rasa massa Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), pada Kamis (7/2) besok siang.

Aksi massa yang dipimpin Said Iqbal tersebut mengagendakan tuntutan kenaikan upah yang bertepatan dengan momen HUT ke-20 FSPMI.

Harry Kurniawan mengatakan, sebanyak 2.000 orang massa FSPMI dari berbagai diprediksi akan menghadiri aksi.

Gelombang massa diperkirakan berasal dari Kabupaten Bekasi sebanyak 500 orang, Kota Bekasi sebanyak 250 orang, Tangerang Raya sebanyak 750 orang, Bogor sebanyak 100 orang, Depok dan Purwakarta masing-masing 50 orang, serta dari DKI Jakarta sebanyak 300 orang.

Massa diperkirakan berkumpul dan mulai bergerak dari patung kuda menuju ke arah Istana Negara,

“Kami akan kerahkan 6.230 personel dari unsur Polri dan TNI untuk mengamankan jalannya aksi,” kata Harry yang juga didampingi Kasat Sabhara Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Karosekali.

“Kita akan sekat sejauh 100 meter dari depan Istana Negara peserta aksi dengan tindakan preventif.”

“Kita juga instruksikan petugas pengamanan agar melakukan tindakan pencegahan tanpa menggunakan senjata api,” tambahnya.

Lebih lanjut Harry juga mengatakan fungsi intel sebagai ujung tombak pengamanan.

Aparat intel akan bertugas sebagai mediator dengan pimpinan dan massa buruh.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan mengecek personel yang akan mengamankan aksi unjuk rasa massa FSPMI.

Di kesempatan yang sama, Dandim 0501/JP, Letkol Inf Wahyu Yudhayana menambahkan, jajarannya akan mendukung penuh kepolisian untuk mengamankan aksi unjuk rasa.

Selain itu, ia juga berharap aksi unjuk rasa buruh FSPMI berlangsung damai dan lancar.

“TNI, dalam hal ini Kodim 0501/JP mengimbau kepada massa peserta aksi untuk berunjuk rasa dengan tertib. Jangan sampai mengganggu masyarakat,” tegasnya. bem/fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *