Danrem 071/Wk : Koperasi Dikatakan Sehat, Bila Memenuhi Tiga Kriteria

banner 468x60

Banyumas – Koperasi di katakan sehat, apabila memenuhi tiga kriteria yakni Sehat Mentalnya, Sehat Organisasinya dan Sehat Usahanya.

Hal tersebut dikatakan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., dalam amanatnya yang disampaikan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., pada Rapat Anggota Tahunan Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma Korem 071/Wijayakusuma Tutup Buku Tahun 2018, Senin (04/02/2019), di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas.

Muat Lebih

banner 300250

Dikatakan, Rapat Anggota merupakan forum teetinggi bagi anggota koperasi. Dengan tujuan, untuk mengetahui sejauh mana pengurus koperasi dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

“Rapat anggota juga dapat digunakan untuk menyempurnakan AD/ART, memilih dan melantik pengurus maupun pengawas jika diperlukan, serta menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja sesuai ketentuan yang ada,” terangnya.

“Koperasi di lingkungan TNI AD merupakan badan usaha formal yang secara fungsional merupakan salah satu fungsi komando dalam meningkatkan kesejahteraan prajurit dan PNS beserta keluarganya. Karena itu, Primkop Kartika A-01 Korem 071/Wijayakusuma yang kita miliki ini, termasuk Koperasi yang Sehat, sehingga diharapkan mampu mendukung berbagai upaya yang dilakukan pimpinan dalam rangka memberikan kesejahteraan para anggotanya,” jelasnya.

“Sehat mental tidak hanya terletak pada sehat mental pengurusnya saja, tapi juga mental anggotanya juga,” terangnya.

Hal yang perlu diperhatikan untuk memenuhi kriteria “Sehat”, lengkap susunan pengurusnya, mampu memenuhi hak dan kewajiban para anggotanya, baik managemen kerjanya serta tertib administrasi.

“Tentang sehat usahanya, harus senantiasa menunjukkan peningkatan dan perkembangan yang positif dari waktu ke waktu dan hasil usahanya mampu memberikan solusi dan nilai tambah serta kesejahteraan bagi para anggotanya, pengurus/pengelola maupun satuannya”, ungkapnya.

Sementara itu, Teguh Budi, Kabid Koperasi Disnakerkop dan UKM Banyumas menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan agenda rapat ini. “Primkop A-01 Wijayakusuma Korem 071/Wijayakusuma disamping tergolong tepat waktu, pencapaian kinerja koperasi ini juga menunjukkan peningkatan. Karenanya, kepada segenap anggota untuk meningkatkan semangat dan partisipasinya agar koperasi semakin cepat tumbuhkembangnya”, terangnya.

Ketua Dekopinda Kab Banyumas, Arsad Dalimunte, menyampaikan apresiasi atas tergelarnya RAT ini. Hal ini menandaskan bahwa koperasi ini terkelola dengan baik dan capaian yang ditorehkan merupakan cermin bagaimana unsur-unsur organisasi saling bahu membahu untuk menampilkan yang terbaik. Ke depannya, Primko A-01 perlu terus menyemangati anggota dan juga mengembangkan ragam layanan yang membuat anggota merasa semakin luasnya kemanfaatan berkoperasi.

Ketua Puskop Kartika Diponegoro yang diwakili oleh kabid usaha Letkol Caj (K) Purn Opik Sopiyah menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan RAT ini. Kapuskopad berharap, partisipasi anggota semakin tumbuh sehingga lebih berkemampuan mensejahterakan anggota. Untuk itu, anggota perlu membudayakan belanja, menabung dan meminjam di koperasi agar semua semakin sejahtera.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *