Apel Gabungan Kesiapsiagaan Personel Tanggap Bencana Alam Brebes

banner 468x60

Brebes – Dalam rangka antisipasi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Brebes, Kodim 0713/Brebes bersama Polri dan Pemerintah Daerah menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2019, yang dihadiri ribuan personel.

Sebelum kegiatan, dilakukan pengecekan pasukan beserta alat tanggap bencana termasuk Dapur Umum (DU), peralatan evakuasi serta penanganan medis lapangan, yang dipimpin oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, di halaman Islamic Center, Brebes, Rabu (09/01/2019).

Muat Lebih

banner 300250

“Bencana alam tak bisa dicegah, jadi yang bisa dilakukan adalah mengantisipasi guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerusakan yang lebih parah,” ujar Idza.

Ia juga sangat mengapresiasi atas kinerja TNI-Polri, instansi terkait, para relawan maupun masyarakat dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Brebes tahun 2018 lalu, tercatat 201 bencana alam (bencal) dengan longsor mendominasi sebanyak 82 kali.

“Kegiatan ini guna menyamakan langkah guna lebih meningkatkan kualitas, keefektifan mengoptimalkan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Brebes yang merupakan tanggung jawab bersama. Karena musibah dapat memberikan dampak psikologis, kerugian harta benda serta menghambat pembangunan daerah,” ungkapnya.

Selain itu dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat Brebes, agar lebih peduli membersihkan lingkungan sekitarnya khususnya saluran air, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon secara liar serta ikut mengamati tanda-tanda bencana kemudian melaporkan secepatnya.

“Saya berharap kepada TNI-Polri serta stakeholder terkait tidak pernah lelah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bencana. Kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis dari masyarakat sekitar bencana sangatlah perlu, sehingga tindakan serta mitigasi dapat segera diambil guna mengurangi tingkat resikonya,” pungkasnya. fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *