Bersama Panglima TNI, Kapolri Pastikan Ibadah Malam Natal Aman di Jakarta

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama jajaran meninjau langsung perayaan  ibadah malam Natal di wilayah Ibu Kota Jakarta, pada Senin (24/12/2018) malam. Guna memastikan amannya ibadah.

Turut serta mengikuti peninjauan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto, beserta sejumlah  pejabat teras Mabes Polri, Polda Metro dan Kodam Jaya.

Peninjauan pertama dilakukan ke Gereja Protestan Di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Paulus, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Tito mengatakan, TNI-Polri terus bekerja maksimal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan beribadah ke masyarakat.

“Masyarakat dari pemeluk agama apapun harus dijamin keamanannya untuk beribadah. Semua harus dilindungi,” tegasnya, diiringi tepuk tangan jemaat.

Dirinya, bersama Panglima TNI sengaja datang  untuk meyakini pengamanan yang diberikan TNI – Polri ke masyarakat yang beribadah di malam Natal berjalan baik sesuai harapan.

Usai dari Menteng, peninjauan dilanjutkan ke Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini, Pendeta Stephen Tong menyampaikan kepada Kapolri dan Panglima TNI jika jemaat Gereja Reformed Injili Indonesia akan menyumbang Rp2 miliar untuk membantu revitalisasi kerusakan akibat tsunami Selat Sunda.

“Di malam Natal ini saya ingin menyampaikan ke Panglima TNI dan Kapolri bahwa jemaat gereja kami akan menyumbang Rp2 miliar untuk perbaikan kerusakan akibat tsunami dan untuk membantu para korban bencana,” imbuh Stephen Tong.

Gereja Katedral, Gambir Jakarta Pusat menjadi obyek pengamanan terakhir yang ditinjau Kapolri bersama Panglima TNI beserta jajaran.

“Di malam yang sakral untuk umat Kristiani ini, kami ingin sampaikan ke masyarakat bahwa pemerintah menjalankan tugasnya untuk menjamin kebebasan warga negara untuk beribadah sesuai keyakinan masing- masing,” papar Kapolri.

Ia juga menegaskan, sampai dengan jam ini di Katedral belum menerima laporan adanya insiden terkait perayaaan Natal.

“Kami berterima kasih kepada Tuhan dan semua pihak yang sudah bekerja keras melakukan pengamanan. Juga ke para pemuda gereja, sukarelawan, ormas dan Banser yang sudah turut membantu pengamanan di sejumlah tempat ibadah,” tandas Kapolri.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menambahkan, dirinya bersama Kapolri memang ingin memastikan ibadah Misa bisa berjalan dengan damai di Ibu Kota.

Kepastian itu akhirnya didapat setelah dirinya bersama Kapolri meninjau langsung pengamanan di tiga obyek pengamanan gereja.

“Malam hari ini kami turun melihat langsung pelaksanaan Misa berjalan aman damai. Umat Kristiani pun bisa merayakan Natal dengan tenang,” imbuh Panglima TNI.

“Selamat Hari Natal untuk masyarakat Kristiani yang merayakan,” pungkasnya. fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *