Ketua Umum KOMI : Kejurnas Orienteering Untuk Dapatkan Atlet Terbaik di Jajaran TNI

0
Malang – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Orienteering Piala Panglima TNI IV Tahun 2018 difokuskan pada dua kategori tingkatan yaitu kelas Middle Distance/jarak menengah  (individual/tim) dan Long Distance/jarak jauh (individual/tim) dalam rangka untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik di jajaran TNI.
Hal tersebut disampaikan Asops Panglima  TNI selaku Ketua Umum Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. pada upacara penutupan Kejurnas Orienteering Piala Panglima TNI IV Tahun 2018 di Pusdik Arhanud, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Minggu (09/12/2018).
Menurutnya, upaya pembinaan pada dua kategori tersebut dapat berjalan dengan baik pada tingkat Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Angkatan dan Kotama. “Gambaran keberhasilan tersebut dapat dibuktikan pada event Kejurnas ini yang terus menerus meningkat, baik pesertanya maupun teknik yang dimiliki para atletnya,” ujarnya.
Dalam upaya pembinaan prestasi, ungkapnya, yang dilakukan oleh PB. FONI untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik tingkat nasional, dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan.
Orienteering adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin.
Kompetisi yang dihadirkan di Kejuaraan Nasional Orienteering Panglima TNI IV Tahun 2018 antara lain Sprint Distance dan Middle Distance dengan pemisahan kelas umur dan gender serta Mountain Bike Orienteering. Kompetisi tersebut digelar selama dua hari mulai tanggal 8 dan 9 Desember 2018 di Pusdik Arhanud Kota Batu Malang, Jawa Timur.
Sebagai juara pada kategori Sprint Distance dan Middle Distance yaitu Nomor Putra U 18 dengan jarak 2,9 km : Juara I Ibnu Hirbak (FONI Jateng), Juara II Sukma Bayu (FONI Jateng) dan Juara III Agung Nugroho (FONI Jateng). Untuk Nomor Putra U 20 dengan jarak 3,5 km : Juara I Reza Aulia Pradipta (TNI AD), Juara II Fendi Cahyono (FONI Jateng) dan Juara III Aji Santoso (FONI Jateng).
Nomor Putra U 21 dengan jarak 3,9 km : Juara I  Fiqi Ardian (TNI AL), Juara II Mursalim (TNI AL) dan Juara IlI Reka Arinaldy (TNI AL). Sedangkan Nomor Putra U 35 dengan jarak 3,5 km : Juara I Achtizen (TNI AL), Juara II  Suwardi (FONI Jateng) dan Juara III Rinto Efendi (FONI Banten).
Untuk Nomor Putri U 18 dengan jarak 2.2 km : Juara I Siti Choiriya A. (FONI Jateng), Juara II Fera Rahmawati (FONI Jateng) dan Juara III Dewi Kusuma W. (FONI Jateng).  Untuk Nomor Putri U 20 dengan jarak 2,6 km : Juara I Asri Kori K. (FONI Jateng),  Juara II Calvina Izumi H. (FONI Banten) dan Juara III Cici Rebkania S. (TNI AD). Sedangkan Nomor Putri U 21 dengan jarak 3,3 km : Juara I Megawati (TNI AL), Juara II Ernita (TNI AD) dan Juara III R. Puspita Rahayu (TNI AD).
Sementara itu, kategori Mountain Bike Orienteering. Untuk Nomor Putra dengan jarak 7,4 km : Juara I M. Buchori Fauzi (TNI AD), Juara II Asep Wilantoro (FONI Jatim) dan Juara III C. Kumbara Sakti (FONI Jatim). fer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here