Kodim Tulungagung Dukung Percepatan Program PTSL 2019

banner 468x60

Tulungagung – Merujuk kepada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 13 Februari 2018, Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menerbitkan sertifikat tanah tanpa dipungut biaya, melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan terkait Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap dalam rangka pelaksanaan PTSL Tahun 2019 sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MOU) antara Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung dengan Kodim 0807/Tulungagung, Polres Tulungagung dan Kejaksaan Negeri Tulungagung tentang Percepatan Program PTSL Tahun 2019, di Kabupaten Tulungagung, Rabu (14/11/2018).

Muat Lebih

banner 300250

Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Tulungagung Eko Jauhari, S.H., M.Kn. dalam sambutannya mengharapkan penerbitan sertifikat melalui PTSL Tahun 2019 dapat sesuai target yang direncanakan yaitu 46.000 sertifikat bidang tanah. Agar target tercapai diperlukan adanya sinergi antara perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah desa atau kelurahan.

“Saya harap target 46.000 sertifikat pada PTSL Tahun 2019 dapat tercapai,” ungkap Eko.

Kedepannya pendampingan kepada masyarakat melibatkan Babinkamtibmas dan Babinsa serta perangkat desa dalam pengumpulan data yuridis tentang tanah yang akan disertifikatkan secara gratis.

Kepala BPN Tulungagung Eko Jauhari, S.H., M.Kn., Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung Eko Adhyaksono, SH., MH, Waka Polres Tulungagung Komisaris Polisi Andik Gunawan dan Pasi Log Kodim 0807/Tulungagung Lettu Cba Yudi Antonil, SE menandatangani MOU Percepatan Program PTSL Tahun 2019 disaksikan secara langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tulungagung Drs. Moch. Mafachir, MM dihadapan para Camat, perwakilan kepala desa dan para petugas BPN Kabupaten Tulungagung.

Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa/kelurahan. Melalui kegiatan ini peserta sosialisasi diharapkan dapat mengetahui apa itu sertifikat tanah gratis PTSL dan bagaimana prosedurnya. ferry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *