Penyakit Kaki Gajah Juga Dicegah di Lokasi TMMD Batang

banner 468x60

BATANG – UPTD Puskesmas Kecamatan Subah Kabupaten Batang, mencanangkan minum obat pencegahan massal filariasis guna mencegah penderita penyakit kaki gajah, yang dipertuntukkan juga bagi warga masyarakat Desa Durenombo, desa sasaran TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang. Senin (5/11/18).

dr. Ani (42) salah satu tenaga kesehatan, mengatakan “Pemberian obat akan dilakukan serentak dan bertahap dengan sasaran 51.013 jiwa di 17 desa di wilayah Kecamatan Subah, termasuk warga masyarakat Desa Durenombo guna mencegah mikrofilaria atau parasit yang ada pada tahap awal penyakit kaki gajah,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, kaki gajah rentan menyerang manusia pada usia 2 hingga 70 tahun, sehingga diharapkan Kecamatan Subah tidak menjadi daerah endemik penyakit ini. Ani menerangkan penyakit tersebut masuk kategori membahayakan, karena ditularkan melalui gigitan nyamuk yang tidak mengenal wilayah maupun usia.

“Kami bersama Kodim, akan dorong seluruh masyarakat untuk sadar dan tahu tentang bagaimana mendeteksi penyakit kaki gajah. Masyarakat akan diberikan sosialisasi terlebih dahulu karena suksesnya program ketika masyarakat mulai paham bagaimana pencegahan dan cara penularannya.” imbuhnya.

Terlihat, salah satu anggota Satgas TMMD, Sertu Dwi Irwantoro yang juga Babinsa Koramil 01 Subah Kodim 0736 Batang, membantu memberikan obat kepada warga masyarakat, yang merupakan kombinasi DEC (Diethil Calbanasin Citrate) dan Albendazole, yang bermanfaat ganda untuk mematikan atau memandulkan cacing filarial dewasa serta mematikan cacing perut yang dikonsumsi sekali setahun dalam lima tahun.

Beralamatkan di Jalan Raya No. 7 B, mempunyai pelayanan unggulan antara lain : pelayanan MOW bekerjasama dengan BKKBN Kabupaten Batang, UGD 24 Jam dengan “One Day Care”, operasi katarak bekerjasama dengan BKIM Semarang dan pelayanan gigi dan mulut yang lengkap. Sedangkan sarana penunjangnya adalah diagnostik EKG, laboratorium dan radiologi.(Fery)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *