Panen Padi di Lokasi TMMD Ada Babinsa Batang

banner 468x60

BATANG – Pendampingan pertanian merupakan tugas seorang Babinsa di satuan teritorial, Serda Ngatam, Koramil 01 Subah Kodim 0736 Batang melakukannya. Panen padi di areal persawahan warga di lokasi TMMD Reguler Batang, Dusun/Desa Durenombo Kecamatan Subah. Senin (5/11/18).

Walaupun Babinsa bukan Satgas TMMD dan Durenombo bukan desa binaannya, namun apa yang dilakukannya juga membantu pembangunan masyarakat Durenombo dalam sektor pertanian. Tugas menggantikan Babinsa Sunarto, Babinsa setempat yang sedang melaksanakan pendampingan pembangunan desa melalui TMMD. Sambil membantu bekerja, Ngatam memberikan motivasi kepada para petani agar tidak perlu merisaukan pemasaran hasil panen mereka tersebut, karena Bulog Kabupaten Batang akan membeli seluruh dan berapapun hasil panen para petani lewat instruksi dari Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) sesuai dengan indeks GKP (Gabah Kering Petani).

Dengan stok beras di Bulog Batang aman, artinya ada beras dan tidak ada panic buying maupun antrian beras. Usaha keras Kementan RI dengan menggandeng TNI dalam program Upsus Pajale (Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai) dapat dibilang sukses, dengan melaksanakan pendampingan dari mulai penyiapan lahan, penanaman maupun panen serta mengawal gabah sampai ke Bulog, Sergap (Serapan Gabah) Gudang Bulog Kandeman Kabupaten Batang.

Pemastian pemerintah untuk menyerap berapapun hasil panen petani oleh Bulog di masing-masing daerah, seperti yang pernah disampaikan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta awal tahun 2018, tepatnya Jumat (19/1/2018). Saat itu, Menteri Perdagangan meminta kepada semua petani untuk tidak khawatir terhadap persoalan tersebut.

Dengan penjelasan yang disampaikan Ngatam, para petani diharapkan lebih bersemangat dalam menanam padi kembali maupun mengganti sementara tanaman padi mereka dengan tanaman jagung maupun kedelai. (Fery)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *