Bocah 9 Tahun Terinspirasi Menjadi Prajurit Setelah Adanya TMMD

0

BATANG – Dampak dari banyaknya anggota TNI, Satgas TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang, dalam membangun Desa Durenombo Kecamatan Subah berpengaruh besar bagi generasi ciliknya. Banyak dari bocah yang terinspirasi dan ingin jadi prajurit TNI, salah satunya adalah Revan Satria (9).

Ternyata imbas dari kedekatan diantara kedua belah pihak membuat anak 9 tahun, putra dari Winardi (40) Rt. 2 Rw. 3, menjadikannya berani meminjam dan memakai seragam TNI milik Serka Hermansyah, anggota Satgas TMMD yang menginap di rumahnya.

Walaupun masih duduk dibangku kelas 5 SDN 01 Durenombo, ternyata sudah mempunyai tekad kuat menjadi prajurit setelah lulus SMA nanti. Persepsi bahwa prajurit itu galak sudah berubah semenjak lima orang anggota Satgas TMMD menumpang dan beraktivitas bersama keluarganya. Oleh Hermansyah, Revan diajari mengaji, mengerjakan pekerjaan sekolah, merapikan kasur sehabis bangun pagi, menyapu lantai dan membantu ibunya memasak. Pengalaman semi militer itulah yang membekas dalam benaknya, sehingga memicu keinginannya tersebut.

“Saya ingin jadi TNI seperti Om Herman, gagah dan baik sama kami anak kecil.” cetusnya polos.
Diketahui bahwa, selama membangun desa, para prajurit diwajibkan pimpinan TNI untuk menumpang dan tinggal bersama penduduk sasaran TMMD yang disebut orang tua asuh, tentunya setelah Uang Lauk Pauk (ULP) diserahkan kepada mereka sehingga keberadaan di tengah-tengah rumah yang ditinggali tidak memberatkan dari segi ekonomi.

Jadi inilah ciri khas TMMD Reguler dalam membangun kedekatan dengan masyarakat setempat, tidak hanya infrastruktur saja yang dibangun. (Fery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here