Kesehatan Lapangan Mobile di Lokasi TMMD Batang

0

BATANG – Tampak tenaga medis lapangan dari Klinik Pratama Kartika 36 Batang, Serka Suraji, sedang melaksanakan cek tensi kepada warga masyarakat Desa Durenombo Kecamatan Subah. Ia ditugaskan sebagai petugas kesehatan lapangan di TMMD Reguler 103 Batang. Rabu (31/10/18).

Namanya Tim Kesehatan Lapangan (Tim Keslap), tentunya harus mobile dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umum secara aktif di lokasi sasaran fisik TMMD maupun door to door ke masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Peranannya walaupun terkadang dianggap sepele, namun vital dan menjadi penentu sukses TMMD dalam aspek personil. Selain Suraji, Pelda Asmuni juga melakukan senada.

Keberadaan tim kesehatan ini menginduk di Posko TMMD yang terletak di Kantor Balai Desa Durenombo. Tugas utamanya yaitu mendampingi anggota Satgas TMMD di berbagai sasaran fisik, tim ini juga selalu siaga dan siap melakukan evakuasi ke instalasi medis terdekat, Puskesmas Subah, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan kerja di lapangan.

Keberadaannya rupanya mendapatkan apresiasi dari warga masyarakat Durenombo. Banyak warga setempat menerima jasa berupa sekedar cek tensi ataupun mendapatkan perobatan ringan seperti batuk dan flu, asam urat, kolesterol dan gatal kulit. Mereka melayani keluhan selama 24 jam non stop. Sedangkan yang paling dicari warga sasaran adalah vitamin.

Tim ini diketuai dr. Mas Wahyuning, yang tugas utamanya adalah pelayanan di Klinik Pratama Kartika 36 Kodim 0736 Batang, namun secara periodik tetap terjun ke Durenombo guna mengawal kedua prajurit kesehatan lapangan tersebut. (spj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here