Hadirnya TMMD, Petani Pisang Besar Durenombo Batang Lebih Sejahtera

0

BATANG – Desa Durenombo Kecamatan Subah, selain terkenal dengan hasil bumi jambu biji merah, juga penghasil pisang raksasa. Panen disini tidak mengenal musim sehingga dapat menyokong perekonomian warga setempat.

Ungkapan syukur dari salah satu warganya atas rezeki yang melimpah dari Tuhan YME, walaupun di lingkungan perkebunan jati Perhutani Alas Roban, namun untuk produksi pisang tidak mengenal bulan. Doyo (49) Warga Dusun/Desa Durenombo Rt. 3 Rw. 2 membenarkan bahwa dimusim kemarau memasuki hujan seperti ini, dia masih bisa panen pisang yang sangat melimpah, ditambah dengan jalan yang sedang dibangun sebagian sudah bisa dilewati dengan baik karena sebagian sudah terealisasi aspal sepanjang 1.225 meter (60 %) dari 2.359 meter.

Akses yang bagus ini merupakan salah satu harapan dan impian warga Desa Durenombo khususnya RW 3 atau Dusun Durensari, sehingga mereka dapat lebih mudah dan cepat dalam membawa hasil panen menuju pasar Pecalungan kedepannya. Maklum, jalan yang ada selama ini sebagian besar masih berupa Makadam (jalan batu) yang sudah mulai rusak dan terputus ke Durensari. Sedangkan banyak perkebunan warga dua dusun yang terletak di kanan-kiri jalan tembus yang sedang dibangun.

“Masyarakat di sini dulunya kalau lewat jalan ini harus pelan-pelan dan hati-hati, karena sudah banyak batu yang lepas dan waktu hujan sangat licin. Apalagi kalau membawa beban berat hasil panen, mereka harus lebih waspada,” kata Doyo, Minggu (28/10/18).

Lebih lanjut Doyo menyampaikan, dengan jalan yang sudah bagus nanti, maka masyarakat dapat dengan mudah menjual hasil panennya ke pasar sehingga harganya juga dapat bersaing dibanding bila dibeli oleh para tengkulak yang datang ke desa. Itulah berkah dari hadirnya TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang dalam membantu pemerintah daerah mengakselerasi pertumbuhan dan peningkatan ekonomi warga terpelosok di wilayah Batang ke arah kesejahteraan. (spj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here