Peternak Lovebird Pecalungan Batang, Sambut Jalan Baru TMMD

banner 468x60

KBRN, BATANG : Kusnandar (59) perangkat desa Pecalungan Kecamatan Pecalungan, akan sangat diuntungkan dari pembangunan jalan antar dusun-desa-kecamatan yang sedang dikerjakan Satgas TMMD bersama segenap masyarakat, di lokasi TMMD, Desa Durenombo Kecamatan Subah.

Sebagai perangkat desa, kedepan koordinasi dengan desa tetangga (Durenombo) akan mudah dan cepat melewati jalan baru yang panjang pengaspalannya mencapai 2,3 Km 15 menit, daripada sebelumnya harus memutar jarak 17 Km 1 jam lebih. Sedangkan sebagai peternak burung, tentunya akan menjadi tambahan penghasilan jika ke-3 dusun di Durenombo serta dusun-dusun lainnya di Desa Cluwuk Kecamatan Tulis, membeli anakan ternaknya. Mengaku, penghasilannya kurang lebih 1 juta/bulan, dan berharap berkah segera datang jika jalan jadi nanti.

Saat ini dirinya mempunyai 15 pasang love bird indukan produktif beragam warna, dengan media kandang box home ukuran sedang 60x44x40 sentimeter dan disusun bertingkat dalam rak besi. Dalam satu kandang hanya ada sepasang lovebird indukan saja.

Sedikit membeberkan rahasianya kepada Serda Muchibin, Babinsa Koramil 12 Tulis Kodim 0736 Batang, yang mencoba mempromosikan segenap aspek kehidupan dan perekonomian masyarakat di sasaran program, bahwa pemilihan indukan yang bagus minimal lovebird berumur 7 hingga 8 bulan. Selama masa perkawinan sebaiknya berikan makanan dengan protein tinggi, misalkan jagung, canary seed, biji kuaci, tauge atau kangkung segar. Ini sudah terbukti dapat memacu hormon indukan betina cepat bertelur. tempat minum lovebird juga harus ekstra dibersihkan setiap hari dan minumnya dengan air aqua atau menghindari campuran besi dan lumpur yang ada dalam air sumur.

Jika belum bertelur juga maka, induk nya kurang bagus, munculnya telur infertil, burung monomorfik seksual sehingga tidak bisa mengenali betina dengan baik, maka ganti pasangannya dengan yang baru.

“Setelah anakan lovebird menetas, pisahkan indukan jantan dan betina biar tidak dimakan yang jantan. Setelah dua minggu, maka pisahkan dengan indukan betina, sehingga anakan bisa berkembang lebih bagus.” tandasnya. (spj)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *