MANFAATKAN PENGOBATAN TRADISIONAL ANGGOTA PENERANGAN KODIM LAKUKAN KEROKAN DI DURENOMBO SAAT TMMD

banner 468x60

BATANG – Kerokan merupakan sebuah terapi yang sering dilakukan oleh orang pedesaan sebagai pengobatan alternatif ketika masuk angin.

Mungkin untuk istilah “kerokan” sudah tidak asing lagi khususnya bagi orang Indonesia dan sudah dikenal dari ratusan tahun yang lalu. Pengobatan tradisional ini menggunakan beberapa benda tumpul yang mampu membantu dalam pengobatan tersebut.

Di antaranya koin, batu giok, gundu, hingga jahe dan potongan bawang merah.

Selain menggunakan alat bantu tersebut kerokan juga membutuhkan beberapa cairan yang berfungsi melicinkan punggung ketika di lakukan terapi kerokan.

Adapun cairan yang harus yang dapat digunakan adalah minyak telon, minyak olive, minyak kelapa dan lotion.

Seperti nampak gambar di atas yang dilakukan oleh anggota penerangan Kodim Koptu Slamet,yang sehari-hari terjun langsung ke lokasi TMMD di Desa Durenombo tanpa rasa mengeluh dan penuh semangat untuk meliput semua kegiatan yang ada di lokasi TMMD.

Merasa badannya kurang sehat karena masuk angin dengan gerak cepat dia minta tolong sama anggota satgas yang sedang melaksanakan istirahat siang untuk minta di keroki.Setelah usai di keroki tim kesahatan yang tergabung dalam Satgas TMMD pun tiba untuk memberi obat untuk penanganan lebih lanjut.Minggu ( 28/10 ).

Setelah di cek kondisi kesehatan Slamet oleh Dansatgas TMMD Letkol Henry Napitupulu selaku Dandim Batang,ternyata Slamet mengabaikan sarapan pagi sebelum berangkat melaksanakan tugasnya sebagai tim penerangan Kodim sehingga di bawah terik matahari yang panas dia ngedrop.

Henry mengatakan ” selama kegiatan TMMD berlangsung di tekankan kepada seluruh anggota Satgas untuk selalu jaga kesehatan,manfaatkan istirahat yang ada dan hindari kegiatan yang tidak perlu untuk menunjang kegiatan selanjutnya.”Kata Dansatgas.( Pendim0736 )

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *