SATGAS TMMD KUNJUNGI USAHA MIKRO PEMBUAT KRIPIK NANGKA DI DESA DURENOMBO

banner 468x60

Batang – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 103 Tahun 2018 Kodim 0736/Batang telah memetakan berbagai potensi ekonomi dari masyarakat setempat. Salah satunya usaha keripik Nangka yang diproduksi oleh Ibu Mulyani (54) di Dusun Durenombo RT 02/02 Desa Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang

Usaha dengan memanfaatkan tanaman potensi Desa tersebut sudah dikembangkan dalam kurun waktu puluhan tahun. “Meskipun masih berskala tradisional tetapi usaha kami cukup diminati pembeli. Setiap waktu ada saja pemasaran dari daerah lain yang membeli produk kami,” kata Mulyani,sabtu (27/10/18)

Menurut Mulyani, ” Alhamdulillah produksi kripik di Desanya semuanya beroperasi setiap hari. Mereka memiliki target tersendiri untuk produksi, mengolah dan memasarkan sendiri. “Ada yang mempunyai pelanggan di Pasar Batang-Pekalongan dan ada pula yang mengambil kerumah sendiri setiap hari. Lalu ada yang memiliki pasar khusus bagi tengkulak sebagai pedagang,kami kadang kewalahan banyak permintaan jika menjelang Lebaran,”ungkap Mulyani.

Anggota Satgas TMMD Reguler, Serda Sugianto mengatakan,” usaha kripik Nangka merupakan produksi dari Industri rumahan yang telah puluhan tahun berkembang di tekuni oleh Mulyani. “Kami berharap dengan dibangunnya jalan penghubung antar Dusun mulai dari Dusun Durenombo – Durensari dalam program fisik TMMD Reguler, usaha masyarakat bisa makin berkembang,” tutupnya.

(Pendim0736)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *