Taruna Panggul Cangkul Batu Anggota TNI

BATANG – Puluhan anggota TNI bersama warga Desa Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang, sibuk bekerja membangun jalan tembus ke Dukuh Durensari.

Tak hanya kaum adam, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun ikut berjibaku membantu pelaksanaan pembangunan tersebut.

Meskipun harus meninggalkan keluarga untuk membantu anggota TNI, beberapa ibu-ibu desa tersebut tetap semangat.

Debu dan panasnya terik matahari kala itu tak dihiraukan oleh kaum hawa dalam gotong royong membangun jalan desa.

Diketahui, di Desa Durenombo merupakan sasaran program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 yang dilaksanakan oleh Kodim 0736 Batang.

Dengan pendanaan dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp 434 juta lebih, dengan sasaran pembangunan jalan sepanjang 2,3 kilometer dan pembangunan fisik lainnya.

Taruna (41) satu di antara ibu-ibu yang ikut membantu pengerjaan pembangunan, menuturkan, ia secara sukarela membantu pengerjaan jalan di desanya.

“Kalau pagi saya siapkan semua kebutuhan keluarga termasuk anak-anak, dan saat semuanya sudah siap, saya berangkat ke lokasi pengerjaan jalan,” katanya, Jumat (26/10/2018).

Baginya membantu dalam pembangunan desa, menjadi kewajiban walaupun ada tanggung jawab terhadap keluarga.

“Harus membagi waktu bukan permasalahan bagi saya. Selama ini, jalan penghubung Dukuh Durensari ke Dukuh Durenombo di Desa Durenombo belum terjamah oleh pembangunan, dan kondisinya sangat menyusahkan warga, karena jalan berupa bebatuan bercampur tanah merah,” paparnya.

Taruna menuturkan, kondisi semakin bertambah parah saat hujan, karena jalan tersebut menjadi licin, bahkan tak jarang warga jadi korban saat melintas karena terjatuh.

“Jalan ini merupakan akses utama, jika kami ingin menjual hasil ladang ke pasar, baik di Pecalungan ataupun Pasar Subah,” jelasnya.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *