Polisi Depok Beri Pemahaman Ideologi Pancasila

DEPOK – Anggota Polres Kota Depok, AKP Elly Padiansari memberikan pemahaman tentang ideologi Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 kepada para pelajar SMA Sejahtera Satu, Jalan Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Jumat (26/10/2018).

Pemahaman tersebut dilakukan dalam rangkaian sasaran non fisik kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Kodim 0508/Depok.

Bacaan Lainnya

banner 300250

AKP Elly Padiansari, dalam penyampaian materinya mengajak pelajar tetap berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi berbangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“Hal ini perlu ditekankan lagi karena saat ini ada pihak yang ingin mengganti ideologi bangsa kita dengan paham lain. Sebab bangsa Indonesia mulai diserang dari berbagai sisi agar kita terpecah belah dan akhirnya hancur,” ujar Elly.

Bentuk serangan itu katanya melalui ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan. “Termasuk paham radikalisme yang merusak itu,” katanya.

Karenanya, Elly mengajak para pelajar menguatkan iman dan berpegang pada ajaran agama masing-masing, sebagai langkah utama menangkal radikalisme.

“Ada kekuatan negara Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain. Yakni kekayaan sumber daya alam, serta keberagaman adat dan suku. Semua ini mesti dijadikan oleh para pelajar dan anak muda sebagai generasi bangsa untuk membuat Indonesia menjadi negara maju ke depannya,” ucapnya.

Karenanya ia meminta para siswa dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 45.

Sementara itu, Pengawas kegiatan non fisik TMMD ke-103 Kapten Kav Syahroni menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan pelajar dapat memahami bentuk paham radikalisme yang mesti dicegah dan ditolak.

Sebab paham itu jelas bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

“Kalangan pelajar adalah salah satu yang sangat rawan dijerat paham radikalisme. Dengan pemahaman yang kami berikan ini diharapkan mereka dapat menolak paham itu dan mampu mencegah penyebarannya lebih jauh,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Sejahtera Satu menyambut positif dan berterimakasih dengan kegiatan non fisik TMMD.

“Saya sangat senang sekolah kami dikunjungi TNI-Polri, dan memberikan pemahaman tentang ideologi Pancasila dan UUD 1945,” sambungnya.

Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut di kemudian hari. “Sehingga sel-sel radikalisme dan anti Pancasila dapat dihilangkan dari pemahaman remaja usia sekolah,” pungkasnya. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *