Ketua BPD Durenombo : Bakti TNI Batang Tumbuhkan Semangat Pembangunan

BATANG – Statement tersebut diucapkan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Durenombo, Fadholi (45) Dusun/Desa Durenombo Rt. 1 Rw. 2 Kecamatan Subah saat berkomunikasi dengan Serka Edy Purnomo (berjaket), Ketua Penerangan Kodim 0736 Batang. Kamis malam (25/10/18).

Didampingi Imam Masjid Jami Nurul Huda Durenombo, Anwarudin (68) selepas pelaksanaan sholat Isya berjamaah, Fadholi menyatakan aspirasi bahwa pembangunan Telford atau Makadam serta peningkatan jalan sepanjang 2,3 kilometer yang menghubungkan antar dusun di desanya (Durenombo-Durensari) serta ke desa/kecamatan tetangga, Pecalungan, hendaknya dibarengi dengan perawatan akses yang digunakan armada untuk dropping material TMMD. Namun secara global dirinya mewakili seluruh masyarakat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kodim dan Pemerintah Daerah Batang yang telah memilih desanya untuk di layakkan infrastrukturnya mendekati desa-desa lain yang telah lebih dahulu maju.

Mengenai tugas BPD, dijabarkannya tentang fungsinya menurut Permendagri No. 110 Tahun 2016 adalah membahas dan menyepakati rancangan Perdes, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan kinerja Kades. Jadi sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati Perdes yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa.

Selain itu BPD juga berhak menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) pada agenda yang mengharuskan adanya Musdes, salah satunya adalah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sekaligus mengawasinya, sehingga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan desa dan seluruh warganya dengan memanfaatkan aset dan potensi wilayah yang dimiliki.

BUMDes bisa berjalan dengan menggunakan penyertaan modal dari desa atau kemitraan dengan pihak ketiga. Begitu pentingnya tugas dan peran BPD, sehingga tidak berlebihan jika warga desa sangat berharap BPD mampu membuat aspirasi warga tersalurkan dengan baik. (Aan)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *