Karambol Permainan Komunal Bagi Prajurit Ronda Malam

BATANG – Karambol malam, media berkomunikasi warga Dusun Gepret Desa Durenombo Kecamatan Subah. Lokasi di pertigaan jalan arah Desa Durenombo-Pecalungan melalui Desa Pucungkerep, di warung Toyo (51) Dusun Gepret Rt. 5 Rw. 1 Desa Durenombo. Rabu (24/10/18).

Serda Muchibin (Ibin) ikut bermain karambol bersama pemuda desa setempat dan pemilik warung. Warung ini buka 24 jam non stop jika ada pembeli, dan selama 1 bulan ini dijadikan tempat mangkal warga dan prajurit sebagai Pos Ronda. Dengan banyaknya orang yang datang, termasuk anggota Satgas TMMD yang sedang meronda, pemilik warung merasa senang karena meningkat pemasukannya.

Sambil bermain dijelaskan singkat Ibin, bahwa permainan ini membuat praktisi nya menjadi pribadi yang lebih cekatan, fokus, jago menyentil dan yang lebih penting peka terhadap “lubang”. Prinsip kebersamaan dijaga, kalah-menang nomor sekian, yang terpenting semuanya bisa ikut berpartisipasi dalam permainan. Aturan karambol tidak boleh memasukkan koin yang terbuat dari kayu/atom plastik dari areanya sendiri, ini mengajarkan bahwa segala sesuatu tidak dapat dilakukan sendiri, karena makhluk sosial sehingga selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Dikatakan Ibin, “licin adalah teman, slick are friends. Karambol bukan sekadar permainan namun juga bisa menjadi mentor sosial-spiritual yang baik dan filosofis kemasyarakatan. Oleh karenanya merupakan media paling cepat menyatu dengan warga sasaran TMMD, Desa Durenombo.” ucapnya sembari meronda. (Aan Setyawan).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *