Jika Ingin Kas Desa Sehat, Ronda Malam “TMMD Batang”

BATANG – Kalau ada TMMD Reguler, pasti ada ronda malam. Untuk TMMD Sengkuyung tidak dilaksanakan karena tak ada kegiatan anggota Satgas yang menumpang tinggal selama satu bulan di rumah warga. Jadi juga tidak ada anggaran dari Mabes TNI AD.

Di lokasi TMMD Reguler 103 Kodim Batang, Desa Durenombo Kecamatan Subah, sambang malam ini dilakukan selama satu bulan penuh secara bergilir baik anggota Satgasnya maupun warga antar RT maupun RW. Seperti Serda Citro Handoyo yang kedapatan kena giliran jaga bersama Kadus 1 Durenombo, Fahrudin (53) dan sejumlah warganya.

Tradisi TNI ini dimaksudkan untuk cepat menyatu dengan warga setempat, selain pemaksimalan upaya menjaga Kamtibmas, juga sebagai wahana dalam menambah kas dusun/desa melalui jimpitan. Terkait 4 rumah yang huniannya dibedah melalui rehab RTLH, mereka akan semakin tenang dengan keberadaan orang jaga, pasalnya beberapa barang-barang berharganya termasuk ternak masih di luar rumah, sedangkan mereka numpang di rumah kerabat selama rumah belum jadi. Makanya ada saja warga yang merasa ikhlas memberikan teh hangat maupun kopi serta kue untuk mereka.

Patroli dibagi dalam jam genap maupun ganjil, jika aman bunyi kentongan maupun tiang listrik/telepon di pukul sesuai ragam bunyi kentongan, sedangkan tanda untuk bahaya lainnya juga menyesuaikan tanda. (FRYANG).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *