Inilah makam mbah Duren, penemu Desa Durenombo Lokasi Program TMMD Kodim Batang

Batang- Makam mbah Duren terletak di tempat pemakaman umum(TPU) Desa Durenombo,tepatnya 200 meter sebelah utara Desa Durenombo,Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Setiap bulan syawal makam tersebut selalu di kunjungi peziarah baik dari desa setempat maupun desa sebelah.

Diceritakan oleh Aripin(53) salah satu satu warga sekitar makam sekaligus juru kunci kepada anggota Satgas TMMD Sertu Hartono,bahwa mbah Duren adalah penemu dari Desa Durenombo,sebuah desa yang menjadi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke103 Kodim Batang.Rabu (24/10/2018).

Konon kabarnya pada tahun 1845 seorang bernama mbah Duren(Kyai Duren) membuka lahan hutan belantara yang cukup luas untuk dijadikan pemukiman.namun baru tahun 1901 nama Durenombo di tetapkan dengan kesepakatan warga di ambil dari nama penemunya yaitu mbah Duren.

Makam mbah Duren sendiri sampai sekarang masih dijaga kelestarianya oleh warga setempat. Sebuah rumah pemakaman bercat hijau muda tampak bersih dan rapih menandakan makam tersebut sering di bersihkan dan di kunjungi peziarah sebagai cagar budaya yang bersejarah bagi Desa Durenombo.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *