Jalan idamanku bukan lagi patamorgana, melainkan mimpi yang berbuah kenyataan.

Batang – Ketika itu saya melewati jalan setapak yang kanan kirinya subur di tumbuhi rumput dan ilalang.dengan penuh keringat saya memikul hasil kebun.Hari itu hujan sehingga jalanan becek dan berlumpur.Mau tidak mau saya harus lewati jalan itu,karena itu adalah jalan satu-satunya yang terdekat menuju Desa Durenombo.

Namun tak sedikit warga yang memilih jalan memutar dari Dukuh Durenombo ke Dukuh Durensari ataupun sebaliknya di karenakan jalanan yang parah.Begitulah cerita sopiyan (53) tentang kondisi miris jalan Desa Durenombo saat itu.

Akhirnya mereka mendapat kabar gembira yang berhembus dari mulut ke mulut.”Tentara akan membangun jalan mereka.Tentara akan mewujudkan jalan impian melalui kerjasama dengan pemerintah daerah lewat TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) reguler ke 103 di desa Durenombo, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang-jawa tengah.

Akhirnya harapan merekapun benar-benar akan terwujud tatkala bupati Batang,Wihaji membuka peresmian TMMD reguler ke103 Kodim Batang Delapan hari yang lalu,dan Dandim 0736/Batang, Letkol Kav Henry Napitupulu sebagai DanSatgas.

Menurut Dandim 0736/Batang,Letkol Kav Henry Napitupulu, bahwa TMMD merupakan satu kegiatan yang mendapat dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah daerah.karena membangun bangsa ini tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga atau oleh organisasi tertentu tetapi perlu di lakukan dengan bergotong royong dan terintegrasi.

“Program yang akan dilaksanakan TNI-AD dengan terjun langsung kedesa-desa,sesuatu yang mengunggah masyarakat untuk ikut berpartisipasi.Selama ini tidak ada aktivitas yang diprogramkan TNI yang hanya dilakukan TNI sendiri,tetapi semua melibatkan masyarakat baik sebagai pelaku maupun sasaran pembangunan,”ujar Dandim.

Pembagunan jalanpun sudah di kebut sebelum TMMD di buka.Laki laki berpakaian loreng bersama masyarakat nampak bersemangat menyulap jalan setapak menjadi jalan makadam dan beraspal selebar 3 meter pada TMMD kali ini.Cuaca panas,lelah dan peluh keringatpun tak menyurutkan semangat mereka dalam membangun jalan impian yang sudah mencapai 75% itu.

“Bahagia sekali,itu yang kami rasakan saat ini,sebentar lagi jalan yang menjadi impian warga Durenombo akan terwujud.Dulu kita memikul hasil kebun lewat sini dalam hitungan hari ,nanti kita dapat menggunakan kendaraan lewat sini dan tidak perlu memutar lagi,”ujar Sopiyan,Selasa siang (23/10/2018).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *