Reorganisasi Kembali Ronda Malam Di Lokasi TMMD Reguler Batang

BATANG – Memasuki pekan kedua pelaksanaan TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang, di Desa Durenombo Kecamatan Subah, fokus masyarakat setempat masih menggeber terutama sasaran fisik, pengaspalan jalan penghubung Durenombo-Durensari sepanjang 2,3 kilometer. Senin (22/10/18).

Terkadang waktu istirahat malam digunakan warga untuk berkumpul bersama keluarga setelah seharian membagi tugas antara membantu Satgas dan berkebun dan berniaga guna mencukupi kebutuhan dapur, imbasnya adalah aspek keamanan lingkungan mulai mengendur. Untuk menyikapi hal ini, Babinsa setempat, Serda Sunarto (tampak kiri) mengadakan rembug dengan salah satu ketua RT Dusun Durenombo, Suwaji (34) guna mengatur jadwal jaga di Pos Kamling dusun.

Misi utama jaga malam adalah sebagai tempat deteksi dan cegah dini dari oknum yang ingin yang berusaha mengganggu keamanan alias mencuri di wilayah pedukuhan di Desa Durenombo. Terlebih bagi 4 rumah warga yang sedang dibedah meliputi, Sarip (37) Dusun Durensari Rt. 3 Rw. 2, Gemek Susanto (29) Dusun/Desa Durenombo Rt. 3 Rw. 2, Ngatimah, Dusun Durensari Rt. 1 Rw. 2 dan Danuri (60) Dusun Gepret Rt. 3 Rw. 1, Desa Durenombo. Tentu barang-barang pemilik rumah masih beberapa berada diluar rumah, pasalnya rumah di bangun mereka menumpang di orang tua kerabat maupun tetangga.

Pun dengan ternak dan barang-barang lainnya milik penduduk, seperti motor, sepeda dan lain-lain, termasuk dikhawatirkan tindakan asusila kepada warga setempat. Mengingat saat ini desa tersebut banyak didatangi orang baru yang alasannya ingin melihat hasil pembangunan maupun ingin dekat dengan TNI.

Upaya untuk menggerakkan kembali ronda malam sekaligus sebagai wahana guna mempererat silaturahmi antar warga serta sebagai tukar informasi. Kesadaran berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warganya, juga dalam rangka mengantisipasi gerakan radikalisme dan terorisme di wilayah. (FRYANG)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *