Jalan Aspal 2.359 Meter Jadi, Ke Kebun Jambu Lancar

banner 468x60

BATANG – Dampak yang ditimbulkan bagi banyak warga di Desa Durenombo Kecamatan Subah terkait pembangunan yang sedang dilakukan TNI bersama seluruh warganya melalui program TMMD reguler 103 Kodim Batang, sudah mulai dirasakan warga. Acara berkebun menjadi lancar.

Salah satunya adalah Suyono (53) petani asal Dusun Durenombo Rt. 1 Rw. 2. Tampak dirinya mengendarai sepeda motor sehabis menyiangi kebun jambu biji merahnya yang lokasinya tak jauh dari Pohon Jati Pandawa Lima, dari Durenombo mengarah ke Dusun tetangganya yaitu Durensari. Senin (22/10/18).

Suyono sudah mulai membaca bahwa jika aspal sepanjang 2.359 meter rampung, harga panen jambu biji miliknya tidak akan dibeli lagi oleh tengkulak yang datang ke desanya dengan harga yang murah. Terlebih hasil kebunnya dapat langsung dipasarkan ke pasar yang ada di Desa/Kecamatan Pecalungan melewati Durensari yang sebelumnya terputus total ratusan tahun. Jarak menjadi dekat otomatis menurunkan biaya angkut panen, sehingga keuntungan akan lebih meningkat lagi. Selain menanam jambu, ia juga menanam melinjo di tepian kebun, juga mencari pakan ternak kambing dengan melewati jalan yang sedang diaspal tersebut sebelumnya.

“Saya sangat bersyukur dan terbantu jika jalan tembus ini jadi, untuk itu saya akan ikut bergotong-royong sekuat tenaga sambil membagi waktu berkebun dan beternak.” ungkapnya.

Menurutnya juga, sebelumnya karena jalanan rusak dengan tanjakan berbatu, untuk mencari pakan warga lebih memilih berjalan kaki, itu pun akan akan lebih susah manakala musim penghujan. Jadi bukan hanya Sutoyo saja yang akan menikmati output karya TNI, masyarakat majemuk juga pasti terbantu dan beralih dari cara manual menggunakan sepeda motor. (Aan).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *