Bedah Rumah TMMD Reguler Batang, Juga Utamakan Boven

banner 468x60

BATANG – Bedah rumah tidak layak huni satu dari lima rumah warga di Desa Durenombo Kecamatan Subah masih terus dikebut. Salah satunya milik Gemek Susanto (29), warga Dusun Durenombo Rt. 3 Rw. 2, dalam tahap pemasangan boven. Senin (22/10/18).

Terlihat beberapa tukang TNI dan warga yang diploting mengawaki rehab ini, sedang memasang jendela kecil yang letaknya di bawah plafon “boven/tingkap/lubang ventilasi” dibawah pengawasan Dansatgas TMMD, Letkol Kav. Henry R.J Napitupulu, S.Sos, M.I.Pol dan perangkat desa setempat, Fahrudin (53) Kadus 1 Durenombo.

Fungsi boven atau lubang ventilasi ini antara lain : menghilangkan gas-gas yang tidak baik yang biasanya ditimbulkan dari keringat maupun CO2 hasil pengeluaran proses pernapasan, menghilangkan kalor/panas yang berlebihan di dalam ruangan, membantu menghilangkan uap air yang dapat ditimbulkan saat memasak dan mandi, memberi kenyamanan dalam ruangan.

Sedangkan yang perlu anda perhatikan pada saat membangun ventilasi sehat adalah : penyaringan volume dan kualitas udara luar yang masuk melalui lubang, memperhatikan arah pergerakan udara dari area yang bersih ke yang kotor, jumlah ventilasi harus berbarengan dengan bentuk dan luas ruangan di dalamnya serta memperhitungkan jumlah penghuni, jenis dan jumlah perabotan dalam rumah.

Oleh karenanya, Dansatgas tak ingin main-main dalam sasaran tambahan TMMD yang satu ini, karena nantinya warga sendirilah yang akan menikmati hasil pembangunan. Pekerjaan TNI tak ingin dipandang kurang berkualitas karena dilaksanakan hanya dalam waktu 30 hari. (FRYANG)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *