TMMD Reguler Batang Coba Kenalkan Kerajinan Lokal “Tampah” Subah 

BATANG – Publikasi kegiatan pembangunan yang dilakukan Kodim 0736 Batang di Desa Durenombo Kecamatan Subah, juga mempublikasikan kerajinan lokal setempat. Kerajinan “tampah” yang terbuat dari bahan anyaman bambu merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang umum digunakan di sini.

Yasmah (60) warga Dusun/Desa Durenombo Rt/Rw. 02 Kecamatan Subah, adalah satu diantara pengrajin tampah/kalo di desanya. Dalam sehari dirinya dapat membuat 4-5 buah. Harga perbiji dijual sebesar 10 ribu rupiah kepada para pengecer di Pasar Subah Batang.

Terkait pembangunan jalan TMMD, pengaspalan 2,3 kilometer ditambah jalan telford sepanjang 442 meter, akan menghubungkan antara desanya dengan dusun tetangga, Durensari yang telah ratusan tahun terisolasi. Yasmah menyatakan senang dengan adanya TMMD. Kedepan dapat memasok dagangannya ke Pasar Pecalungan melewati Durensari, sehingga peningkatan ekonomi akan lebih baik lagi. Dengan catatan harus meningkatkan produksi tampah per hari.

Terlihat bersama Serda Rumhadi, anggota Satgas TMMD yang diberi tugas tambahan sebagai pencari berita dan dokumentasi, coba menggali lebih dalam potensi kerajinan lokal untuk dipublikasikan anggota Penerangan Kodim agar lebih dikenal orang, pangkalnya diharapkan dapat meningkatkan pesanan yang bersangkutan. (FRYANG)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *