Berkah Jalan Baru TMMD Batang Bagi Kesenian Wayang Kulit

banner 468x60

BATANG – Ki Dalang Suprayitno (50) Kepala Urusan Keuangan Desa Durenombo, adalah penggiat kesenian bersama grup karawitan “Madya Laras” yang kru keseniannya berasal dari berbagai dusun/desa. Dia juga akan diuntungkan terkait pengaspalan jalan sepanjang 2,3 kilometer.

Dikatakannya, “Madya Laras turun-temurun diwariskan dari Almarhum ayah saya Sugiri, mantan Kades sini. Sekali manggung biaya standarnya antara 20-23 juta dan tergantung jarak.” Ungkapnya kepada Danramil 01 Subah, Kapten Inf. Sugito, memakai masker. Minggu (21/10/81).

Dinyatakannya bahwa, setelah jalan tembus yang dibangun Satgas TMMD Reguler 103 Kodim Batang, penghubung antara Desa Durenombo-Dusun Durensari dan Desa/Kecamatan Pecalungan selesai nanti, keuntungan yang akan didapatkan para kru adalah mereka akan cepat mengakses ke Durenombo bagi yang rumahnya di Dusun Durensari dan Desa/Kecamatan Pecalungan (tetangga Durenombo) untuk mempersiapkan peralatan sebelum tampil. Sedangkan dari segi ekonomi adalah, jika jaraknya dekat menuju Dusun Durensari dan Desa/Kecamatan Pecalungan, otomatis nilai kontraknya akan turun sekali pentas. Bukannya merugi namun akan banyak orang yang mempunyai hajatan menyewa grup tersebut untuk menghibur warga yang mengundang, karena kontrak grup tersebut akan turun dibawah 20 juta.

Inilah yang menjadi berkah baru bagi masyarakat seni Durenombo terkait pembangunan jalan baru penghubung dua dusun dan kecamatan lainnya yang telah terisolasi jarak memutar sejauh 17 kilometer. Jalan ini akan memangkas jarak menjadi 3,7 kilometer 15 menit jika warga Desa Durenombo akan menuju Dusun Durensari dan ke Desa/Kecamatan Pecalungan. (FRYANG).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *