UMKM Subah Batang, Terwadahi Hadirnya TMMD Reguler

BATANG – Program pembangunan yang dilakukan oleh TNI melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dipastikan sasarannya adalah desa-desa tertinggal, terpelosok maupun terdampak bencana. Sudah melekat dalam benak masyarakat sasarannya bahwa jika ada TMMD ada pasar murah/bazar.

Kodim 0736 Batang berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah menghadirkan bazar ini ke tengah-tengah warga sasaran, Desa Durenombo Kecamatan Subah, pada saat Upacara Pembukaan TMMD Reguler 103 Batang di Lapangan Desa Cluwuk Kecamatan Subah. Pasar ini juga ditinjau langsung oleh Bupati Batang, H. Wihaji, S.Ag. M.Pd, Irdam IV Diponegoro Kolonel Inf. Legowo WR. Jatmiko S.I.P, Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Kav. Dani Wardhana, para pejabat di lingkungan Pemprov Jateng serta jajaran Forkopimda Batang. Senin (15/10/18).

Tentunya kegiatan yang dinantikan warga ini melibatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan PKK kecamatan setempat, Persit Kodim dan Bhayangkari Polres Batang. Bazar ini merupakan usaha untuk meningkatkan dan memberdayakan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa, diperlukan wadah dalam berbagai lingkup kegiatan, sehingga dapat tercapai ekonomi kerakyatan, sehingga produk-produk kerajinan yang khas dan unik lokal dapat tercium keluar, tercipta lapangan-lapangan pekerjaan baru sehingga pangkalnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil secara menyeluruh. Harapannya timbul para investor baru yang akan mengucurkan kredit usaha kecil yang ringan maupun bantuan fasilitas penunjang lainnya.

Puluhan stand tergelar di lapangan tersebut, yang antara lain stand Persit Kodim, Dinperindag Kabupaten Batang maupun stand-stand lainnya. Sebagian besar menjual berbagai macam produk seperti makanan khas daerah masing-masing, hand craft maupun obat herbal.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *