TMMD Batang Budayakan Gemar Menanam Bukan Menebang Pohon

BATANG – Pembukaan akses baru penghubung antara Dusun Durensari-Durenombo Desa Durenombo Kecamatan Subah, semula hanya jalan diperkeras dengan tanjakanyang terjal dan ekstrim, melalui TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang, tentunya merusak beberapa ekosistem nabati di daerah perbukitan dengan ketinggian 200-300 mdpl.

Untuk itulah diperlukan langkah reboisasi di beberapa titik tebing maupun jurang dengan penanaman pohon guna mencegah abrasi dan bahaya tanah longsor. Ratusan bibit jeruk bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jateng, diserahkan simbolis oleh Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Kav. Dani Wardhana, S.Sos, MM pada saat pembukaan TMMD kemarin. (15/10/18).

Bantuan Pemprov tersebut ditujukan sebagai tanaman penahan tebing pasca bukit dibelah guna menyambungkan dusun yang telah terisolasi jarak 17 kilometer selama ratusan tahun. Manfaat kedepan adalah, dengan penanaman pohon di sepanjang jalan diharapkan nantinya akan multi fungsi, sebagai talut alami atau penahan tanah karena pohon menyerap air hujan, sedangkan fungsi kedua adalah untuk meningkatkan pendapatan warga setempat akan buah-buahan.

Penghijauan merupakan sasaran non fisik TMMD juga untuk meminimalisir efek pembukaan jalan dan akan diaspal sepanjang 2.359 meter. Respon warga sangat baik dan antusias dalam usaha menjaga kelestarian lingkungan nabati, ini juga sebagai percontohan kepada umum untuk peduli menanam pohon, bukan menebang pohon saja.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *