Tingkatkan Hasil Pertanian, TNI Beri Penyuluhan Petani

banner 468x60

Batang- Potensi pertanian di Desa Durenombo, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, sangatlah besar, hampir semua tanaman terutama buah dan sayuran tumbuh subur di lereng-lereng bukit.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Subah, bekerjasama dengan TNI, memberikan penyuluhan peningkatan hasil pertanian melalui budi daya tanaman jambu kristal dan alpukat.

“Selain memiliki nilai ekonomis tinggi kedua buah tersebut juga sangat produktif serta memiliki masa panen yang lebih singkat dibanding pohon sengon yang banyak ditanam warga,” terang Wisnu Wisdiyanto, penyuluh BPP di Balai Desa Serempat.

Ia menjelaskan, tanaman sengon
membutuhkan waktu lima tahun untuk bisa dipanen, sedangkan jambu kristal dan alpukat lebih singkat yakni dua tahun.

Dan hasilnya, lanjut dia, tiap hari bisa dipanen apalagi keduanya merupakan tanaman pangan yang memilik kebutuhan tinggi dan harga jualnya pun juga tinggi.

“Saya berharap para petani memanfaatkan peluang untuk beralih menanam kedua buah tersebut agar ada penngkatan hasil pertanian,” jelasnya.

Satgas TMMD reguler ke-103 Tahun 2018, Peltu Sarjono, mengatakan, penyuluhan peningkatan pertanian merupakan bagian dari program sasaran non fisik.

“Tujuanya agar terjadi dampak positif dari hasil kegiatan TMMD yang mendorong para petani lebih meningkat kesejahteraanya,” jelasnya.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *