Sosialisasi Peningkatan Produktivitas Ternak Kambing, Suksesor TMMD Batang

  • Whatsapp

BATANG – Penyuluhan maupun sosialisasi adalah ujung tombak dalam membangun pertanian dan peternakan, serta aspek-aspek penting lainnya yang berkaitan dengan sistem produksi ternak kambing di desa sasaran TMMD Reguler 103 Batang, Desa Durenombo Kecamatan Subah.

Penyuluh menjelaskan kajian tentang manajemen pemeliharaan ternak khususnya kambing melalui teknologi pakan dan pengelolaan limbah sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan endingnya kesejahteraan keluarga peternak. “Model kandang panggung sangat efektif karena kotoran yang dikeluarkan akan langsung jatuh sehingga peliharaan akan terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selanjutnya kotoran dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman pangan, petani di sini jadi hemat pupuk, karena pupuk kandang sangat baik bagi tumbuhan budidaya.,” terang Faizin (52) dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Batang.

Peran penyuluh sebagai fasilitator dan motivator berkelanjutan dalam membangun kelembagaan yang kokoh, dari segi produksi dapat memperkenalkan teknologi produksi terbaru sehingga mendongkrak produksi, sementara dari segi pemasaran memberikan informasi tentang kondisi, harga dan kebutuhan pasar sehingga petani dapat terhindar dari kerugian. Pasalnya, peternakan merupakan bagian dari pertanian yang memiliki peluang besar menopang perekonomian nasional dalam mendukung program pemerintah swasembada daging.

TMMD menghadirkan kegiatan non fisik ini dengan merangkul dinas tersebut memberikan materi tentang cara merawat kambing yang baik serta memberi pakan yang benar, sehingga petani peternak di Durenombo dapat memiliki tabungan yang sewaktu-waktu dapat dijual guna membiayai pendidikan anak maupun keperluan lainya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *