Menteri ATR/BPN: Persentase Sengketa Tanah di Indonesia Tinggal Sedikit

Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil.
banner 468x60

Jakarta – Dalam rangka menyukseskan agenda besar reforma agraria, Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) lebih giat berupaya menyelesaikan persoalan sengketa tanah.

Dari sekitar 51 juta bidang tanah yang saat ini sudah terdaftar di BPN seluruh Indonesia, tinggal tersisa sekitar 8.000 lagi sengketa tanah yang belum terselesaikan.

“Berdasarkan data yang kami miliki, secara persentasi sebenarnya tinggal sedikit jumlah sengketa pertanahan yang belum selesai di Indonesia. Tapi kami tak kan mengendur. Malah semakin ngebut untuk menyelesaikannya,” kata Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil kepada wartawan di Media Center Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Kamis (18/10) sore.

BACA JUGA:

Sekadar mengingatkan, sebagai institusi yang menangani soal agraria, BPN memang tak cuma disorot masyarakat sebagai lembaga yang mengurus administrasi pertanahan. Namun juga sebagai lembaga yang diharapkan bisa memberikan rasa keadilan terkait penguasaan dan kepemilikan lahan.

Baik itu menyangkut rasa keadilan terhadap sengketa lahan masyararakat dengan korporasi atau perusahaan, masyarakat dengan instansi pemerintah, atau antara instansi dengan instansi. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *