Unik…Petani Bangkalan Ini Panen Singkong Ukuran Jumbo

banner 468x60

Bangkalan – Raut wajah sumringah terpancar dari wajah Abdul Hamid Amir, saat salah satu pohon Singkong yang dicabutnya ketika panen, terdapat Singkong dengan berat sekira 13 Kilogram dengan tinggi mencapai 80 Sentimeter, Senin (01/10).

Pria yang sehari-hari disapa Hamid ini menuturkan, jenis pohon Singkong yang ditanam di kebun miliknya di Desa Thebeng Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, merupakan jenis Singkong lokal asli Indonesia.

“Bukan Singkong Thailand, cuma, memang masa tanamnya dilebihkan. Umumnya masa tanam Singkong itu 6-7 bulan, ini sengaja didiamkan hingga 1 tahun baru dipanen. Cara tanamnya pun sama seperti Singkong umumnya, dengan sistem stek,” ujar Hamid.

Hamid mengatakan, ini bukan kali pertama ia berhasil mendapatkan Singkong dengan ukuran jumbo. Sebelumnya saat masih di Kalimantan Tengah, ia bahkan mampu memanen Singkong seberat 17 Kilogram dan mendapatkan penghargaan dari Dinas Pertanian setempat. “Rasanya lebih enak, apalagi dibuat tapai, lebih manis dan empuk. Kemarin itu Singkong 13 Kilogram dapat 1 bak lebih tapai dan dibagi-bagikan ke warga,” ungkapnya.

Lebih jauh Hamid mengatakan, suksesnya memanen Singkong dengan ukuran jumbo mendapat perhatian dari Dinas Pertanian Bangkalan. Ia sempat diminta untuk bercerita sekaligus berbagai pengalamannya dalam menanam Singkong, hingga akhirnya bisa mendapatkan Singkong jumbo. “Tinggal bagaimana cara merawat tanamannya saja, lainnya sama seperti Singkong umumnya. Bahkan orang (Dinas) Pertanian sampai dibeli batang (Singkong)-nya, untuk ditanam kembali dan dipelajari. Mau diberi Singkongnya malah enggak mau,” tandas Hamid.

Ditambahkan olehnya, apa yang ia capai ini semoga bisa memotivasi para petani lain untuk menanam Singkong. “Sekarang ini banyak petani malas menanam Singkong. Padahal relatif mudah, cuma kebanyakan sekarang petani malas, enggak mau mengikuti peraturan. Dan pastinya, ini juga karena kuasa Allah SWT sehingga bisa menghasilkan Singkong sebesar ini,” pungkas Hamid. fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *