Dibuka Presiden Jokowi, Kongres ke-XXIV PWI Pusat Cetak Sejarah Baru

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Kongres ke-XXIV PWI Pusat di Solo
banner 468x60

Solo – Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-XXIV di Solo mencetak sejarah baru. Untuk kali pertama kongres organisasi wartawan tertua di negeri ini dihadiri dan dibuka Presiden.

Pesiden Joko Widodo yang mengenakan batik lengan panjang warna cokelat datang ke The Sunan Hotel, tempat penyelenggaraan kongres, Jumat (28/9) sekitar pukul 16.00 WIB.

Tak lama setelah tiba dan menyapa para peserta, kongres pun resmi dibuka oleh Presiden.

Kongres ke- XXIV PWI mengambil tema “Menegakkan Pers Kebangsaan yang Independen, Profesional dan Berintegritas”.

BACA JUGA:

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan kemana pun dirinya pergi selalu dikawal oleh Paspampres dan pejabat dari Istana Negara.

Namun, kalangan dari luar Istana Negara yang selalu mengikuti Jokowi yakni wartawan.

“Saya ingin mengatakan wartawan itu sahabat saya,” kata Jokowi.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut mengatakan, sejak dia menjabat sebagai Wali Kota Solo kemudian Gubernur DKI Jakarta, kemana-mana selalu diikuti wartawan.

Jokowi mengaku sering makan siang dan makan malam dengan wartawan karena ingin mendapat masukan, kritik dan saran.

“Dan kalau ada hal yang saya ragu saya masuk ke ruang wartawan di istana. Saya bertanya terkait isu apa yang sedang terjadi,” ujarnya.

Jokowi juga mengaku beberapa kali bermain futsal dan sepak bola dengan wartawan. Namun, dia berujar tim wartawan tidak pernah menang.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung mengenai maraknya informasi hoaks yang beredar melalui media sosial.

Karenanya, peran wartawan dinilai penting untuk menyajikan berita yang sesuai fakta kepada masyarakat.

“Tugas wartawan untuk menangkal dan mengklarifikasi berita hoaks dengan pemberitaan yang jelas dan berimbang,” kata Jokowi.

Salah satu peserta, Berman Nainggolan mengaku sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi kehadiran Presiden Jokowi untuk membuka kongres.

“Sejarah baru sudah tercipta dari Kongres ke-XXIV PWI Pusat dengan hadirnya Presiden Jokowi. Baru ini kali kongres PWI dihadiri Presiden negeri ini,” ucap Berman yang sehari-harinya menjabat sebagai ketua Seksi Wartawan Perkotaan PWI Jaya.

Saat berita ini dibuat, dinamika kongres sudah mengerucut ke dua kandidat ketua umum. Kedua kandidat yang bersaing memerebutkan kursi PWI 1 itu adalah Atal S. Depari dam Hendry Ch Bangun.

Atal dan Hendry akan memerebutkan suara terbanyak dari 73 suara yang akan ikut dalam pemilihan.

Kongres ke-XXIV PWI Pusat juga dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum PWI Pusat Margiono, serta tokoh pers dan ketua PWI dari seluruh Indonesia. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *