1 Oktober, Ditlantas Polda Metro Ujicobakan Tilang Sistem ETLE

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf.

Jakarta – Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan ujicoba sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcment (ETLE) mulai 1 Oktober 2018.

Dengan sistem ini, pengendara yang melanggar lalu lintas akan mendapatkan surat tilang yang dikirim ke rumah dengan capture pelanggaran dari kamera Closed- Circuit Television (CCTV) yang terpasang.

Selama masa ujicoba ini, pelanggar lalu lintas  belum dikenai sanksi pemblokiran Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) jika tak membayar denda tilang.

“Hanya sebatas dikirimkan peringatan ke rumah,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Kamis (28/9).

“Tapi jika terkait pelanggaran tindak pidana, termasuk kecelakaan, sesuai aturan UU Nomor 22 Tahun 2009 bisa diblokir,” sambungnya.

BACA JUGA:

Dikatakan, dengan diterapkannya ETLE ia berharap pengendara agar mengubah perilaku buruk saat berkendara. Pasalnya ulah berkendara di jalan raya sudah diawasi kamera pengawas.

“Harus berubah lebih baik saat berkendara di jalan raya karena sudah diawasi sistem kamera pengawas. Ujicoba ini bisa dianggap sebagai pemanasan bagi pengendara untuk mengubah kebiasaan yang tidak baik menjadi baik di jalan raya,” demikian Yusuf. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *