Pemprov DKI dan Kanwil BPN DKI Berkomitmen Wujudkan Program Jakarta Satu Peta 2019

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tengah berbincang dengan Kakanwil BPN DKI Jakarta, Jaya dan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Saefullah.

Jakarta – Memeringati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) 2018 , Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta melaksanakan upacara peringatan di Lapangan IRTI, Monas, Senin (24/9) pagi.

Hadir sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan diikuti seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Pertanahan se-Provinsi DKI Jakarta serta pegawai Pemprov DKI Jakarta.

Upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) 2018 di Lapangan IRTI, Monas, Senin (24/9) pagi.

Peringatan HANTARU 2018 kali ini mengusung tema “Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran”.

Tema yang diusung mengandung makna tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfataan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara.

Substansi dari tema ini juga menjadikan motivasi Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta berlipat untuk dapat menyelesaikan penyertifikatkan tanah di Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA:

Seusai upacara, Anies Baswedan menyampaikan dukungannya untuk Kementerian ATR/BPN dalam merealisasikan program-program Kementerian ATR/BPN.

“Kami Pemprov DKI Jakarta akan mendukung program-program yang terkait dengan penataan tata ruang dan tanah di Jakarta sesuai dengan tema HANTARU 2018 yaitu ‘Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran’. Ini sangat sejalan dengan tema yang kami usung ‘Kesetaraan, Kesempatan dan Keadilan di DKI Jakarta,” tutur Anies.

“Pemprov DKI Jakarta pasti siap untuk menfasilitasi dan mendukung kegiatan di BPN guna memastikan seluruh masyarakat DKI Jakarta punya kepastian atas aset-aset yang dimilikinya menuju Jakarta Satu Peta 2019,” lanjutnya lagi.

Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta, Jaya (kiri) dan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Saefullah (kanan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta, Jaya, juga turut menyampaikan komitmen bersamanya dengan Pemprov DKI Jakarta.

“BPN DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta sudah berkomitmen bahwa seluruh bidang tanah yang ada di Pemprov DKI Jakarta akan kita sertifikatkan dan daftarkan menuju Jakarta Satu Peta pada 2019,” terang Jaya.

“Bentuk upaya dan dukungan ini juga sekaligus untuk mewujudkan tema HANTARU 2018 dalam mewujudkan keadilan dan kemakmuran,” tambah pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kakanwil BPN Bali.

Sebagai informasi tambahan, dasar utama diperingatinya Hari Agraria adalah diterbitkannya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Nomor 5 Tahun 1960 pada tanggal 24 September 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria atau dikenal dengan Undang-Undang Pembaruan Agraria (UUPA).

Sementara Hari Tata Ruang yang diperingati setiap tanggal 8 November tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 25 November 2013 lalu. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *