Personel Kodim Medan Bedah Rumah Warga Penderita Gangguan Mental

banner 468x60

Medan – Personel Kodim 0201/BS Medan membedah rumah yang didiami oleh empat orang bersaudara, tiga diantaranya penderita gangguan mental, di Gang Melati Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Dandim 0201/BS Medan Letkol Inf Yuda Rismansyah mengatakan, dilihat dari dekat, gubuk berukuran 2 x 2 meter tersebut kondisinya sangat memperihatinkan.

“Kondisi gubuk yang berdiri dengan disangga tonggak-tonggak kayu ringkih, semakin diperparah dengan tidak adanya satu jendela pun untuk sekadar mendapatkan udara segar, menurut saya tidak sehat dan sangat tidak layak,” ujar Yuda, Jumat (14/09/2018).

Melihat gubuk ini, Yuda dapat membayangkan kesulitan dan kepahitan yang dialami Ichal dan saudaranya setelah orang tuanya dan kakaknya meninggal.

Menurut Yuda, dia juga tidak dapat membayangkan bagaimana Ichal dan dua orang kakaknya memenuhi kebutuhan kesehariannya.

“Sebelumnya mereka empat bersaudara. Setelah kedua orang tuanya meninggal, kakaknya yang paling sehat dan pernah mengenyam pendidikan membuat kakaknya yang menjadi tulang punggung bagi ketiga adiknya yang mengalami keterbelakangan mental,” terang Dandim.

Kegetiran yang dirasakan Ichal dan saudaranya adalah ketika sang Kakak yang menjadi penopang hidup mereka meninggal dunia .

“Saya tidak dapat membayangkan ketika mereka harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang selama ini dilakukan almarhum kakaknya. Selain itu rumah mereka yang sangat tidak layak huni semakin membuat mereka menderita. Jujur , ini sangat tidak manusiawi,” kata.Yuda.

Dandim 0201/BS yang baru menduduki jabatan beberapa bulan ini juga mengatakan bahwa kondisi mereka sangat memprihatinkan, sehingga selaku Komandan kewilayahan, hatinya langsung terketuk dan menguatkan tekad untuk membantu kesulitan yang dialami Ichal bersaudara.

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1997 ini langsung segera berinisiatif dan bersama-sama dengan stafnya, segera memperkirakan dan merencanakan upaya prioritas untuk mengentaskan derita hidup Ichal dan saudaranya, yaitu melakukan rehab rumah mereka yang tidak layak huni.

“Mereka bertiga jelas tidak bisa apa-apa. Jangankan untuk mencari sesuap nasi, berpikir saja pun mereka sangat susah, bagaimana bisa memiliki ruang untuk hidup yang layak” ujar Letkol Rismansyah.

Bekerjasama dengan Pemkot Medan dan uluran tangan dari pihak lain, Dandim pun segera mengerahkan sumberdaya yang ada untuk merehab rumah Ichal.

“Secara pribadi, saya bangga dan terimakasih kepada Pemkot dan berbagai pihak yang turut mewujudkan rumah layak hidup bagi mereka, semoga apa yang kita lakukan bersama ini menjadi langkah awal untuk menata hidup mereka,” pungkas Yuda. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *