Koramil Besuki Amankan Larung Sembonyo

Tulungagung – Menyambut tahun baru Islam, banyak kegiatan adat yang dapat dilakukan seperti kesibukan menyambut suroan di Pantai Popoh. Ratusan nelayan dibantu kaum wanita menyiapkan berbagai keperluan untuk menggelar upacara larung sesaji.

Pagi hari ini para nelayan tampak ramai berkumpul di Pantai Popoh Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Mereka berkumpul bersama dalam rangka melaksanakan upacara labuh laut Larung Sembonyo, Selasa (11/09/2018).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Koramil 0807/12 Besuki bersinergi bersama Polsek Besuki dalam mengamankan jalannya kegiatan Larung Sembonyo di pantai Popoh yang menyita perhatian ribuan orang ini.

“Beberapa personel kami berjaga bersama anggota kepolisian dan TNI AL di beberapa titik. Hal ini untuk menjaga situasi pelaksanaan kegiatan Larung Sembonyo dapat berjalan lancar,” ujar Danramil 0807/12 Besuki Kapten Czi Sunarto.

Labuh Larung Sembonyo yang dilakukan pada pagi hari ini merupakan upacara adat masyarakat sekitar pantai Popoh sebagai perwujudan rasa syukur nelayan terhadap tangkapan ikan yang melimpah dan permintaan keselamatan bagi nelayan Popoh saat melaut.

Tradisi dan budaya yang dilestarikan masyarakat ini lahir dari Mitos atau hikayah yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat teluk Popoh.

Larung Sembonyo dan berbagai sesaji yang telah disiapkan akan didorong dengan niat, harapan dan permohonan untuk mendapatkan keselamatan dan memperoleh hasil laut dan daratan yang melimpah.

Terlepas dari adat yang telah diyakini secara turun-temurun, peristiwa larung sembonyo selalu mendapat dukungan dari dinas pariwisata dan kebudayaan Tulungagung khususnya pengelola wisata pantai Popoh untuk menarik jumlah pengunjung.

Ribuan pasang mata menyaksikan prosesi arak arakan Buceng hasil bumi hingga proses larung sesaji ke laut bebas. Usai melaksanakan semua prosesi, para warga yang hadir melaksanakan kegiatan memanjatkan doa bersama sekaligus sebagai penutup kegiatan. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *