Denkesyah Madiun Uji Protap Pemadam Kebakaran

  • Whatsapp

Madiun – Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Madiun Letkol CKM Muklis Efendy, S.Pd., M.Si. melaksanakan uji protap Pemadam kebakaran dengan melaksanakan latihan Pemadam Kebakaran (PMK), bertempat di lapangan belakang Madenkesyah Jl. Tanjung Manis No. 17, Kota Madiun, Jumat (03/08/2018).

Sebelum pelaksanaan latihan terlebih dahulu diawali dengan tanda bahaya kebakaran yang ditimbulkan oleh Letkol CKM Muklis Efendy untuk menilai sejauhmana kesiapan satuan dalam menghadapi bahaya kebakaran.

Setelah pelaksanaan uji protap dilanjutkan evaluasi dan paparan tentang teori pemadaman kebakaran yang disampaikan oleh Wadan Denkesyah Madiun. Materi yang dipaparkan antara lain pengetahuan tentang berbagai jenis alat pemadam kebakaran (Apar), cara penggunaan dan perawatannya, cara pemadaman kebakaran dengan alat pemadam kebakaran yang ada, pelaksanaan evakuasi dan penyelamatan Personel, Dokumen pada saat terjadi kebakaran.

Kemudian peserta melaksanakan praktek kering dengan prosedur dan pelaporan pelaksanaan pemadaman kebakaran yang disimulasikan terjadi kebakaran, kemudian tim pemadam berusaha menjinakkan api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran yang ada, dipraktekkan mulai dari cara mengambil alat pemadam, cara membawa, cara menggunakannya sehingga cara memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran tersebut.

Kegiatan berikutnya adalah Simulasi latihan basah terjadi kebakaran dengan api berada didalam drum yang sudah diisi solar, tim pemadam berusaha menjinakkan api dengan alat pemadam kebakaran tabung powder. Upaya pemadaman api di laksanakan masing-masing anggota Denkesyah baik militer maupun PNS agar mengenal dan merasakan cara menggunakan alat pemadam kebakaran tabung powder.

Kegiatan latihan pemadam kebakaran ini bertujuan untuk uji protap Pemadam kebakaran serta untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan anggota Denkesyah Madiun dalam menanggulangi kebakaran, penyelamatan dokumen dan evakuasi personel dari bahaya kebakaran.

Selain itu juga sebagai sarana menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahaya yang ditimbulkan akibat kebakaran dan cara untuk menanganinya dengan benar dan aman. (ferry)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *