Wujud Upaya Khusus, Babinsa Kelurahan Sembung Dampingi Petani

  • Whatsapp

Tulungagung – Upaya khusus pendampingan kepada para petani terus digalakkan demi suksesnya program swasembada pangan khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Sembung anggota Koramil 0807/01 Kota Dim 0807/Tulungagung Serma Suhari yang sedang mendampingi petani menyiangi padi di lahan padi milik Bpk. Palil, anggota kelompok tani Mardi Makmur seluas 300 are, Jumat (27/07/2018).

Kegiatan penyiangan atau matun padi merupakan kegiatan pembersihan rumput liar atau gulma yang biasa tumbuh berdampingan dengan tanaman padi. Pembersihan ini merupakan salah satu bentuk perawatan tanaman padi yang harus dilakukan oleh petani dan harus rutin dilakukan agar lahan sawah bersih dari rumput liar yang mengganggu perkembangan tanaman padi.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sebagai Babinsa yang menjadi ujung tombak terdepan di wilayah, Serma Suhari selalu bekerja dengan tulus dan bersinergi dengan pihak PPL Kecamatan untuk terus aktif mendampingi petani langsung maupun tak langsung demi memaksimalkan target yang harus dicapai yaitu peningkatan hasil produksi pertanian.

Apalagi di musim seperti sekarang ini gulma akan tumbuh subur sehingga menghambat pertumbuhan tanaman padi sehingga jadwal pembersihan gulma harus terprogram dengan baik secara berkesinambungan agar tumbuhan pengganggu tersebut mati.

Selain untuk membersihkan, tujuan lain penyiangan padi adalah agar gulma yang mati dan membusuk pada akhirnya dapat berfungsi sebagai pupuk alami. Selain itu juga mengurangi penyerapan persaingan unsur hara dan persaingan penetrasi sinar matahari.

Babinsa selalu aktif dalam hal pendampingan kepada para petani demi bisa mencapai hasil yang maksimal saat panen, sehingga target ketahanan pangan di Kabupaten Tulungagagung tercapai dengan sukses. (ferry)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *