Cegah Karhutla, Satgas Darat Karhutla Bangun Pos Pantau di Kabupaten OKI dan OI

  • Whatsapp

Sumatera Selatan – Dalam rangka mencegah dan menangkal potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI), Satgas Darat Karhutla Sumsel membangun beberapa Pos Pantau Karhutla di titik rawan di wilayah yang acapkali sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Dalam kegiatannya, Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. beserta jajarannya terus melakukan pengecekan pendirian Posko dan Pos Pantau siaga Karhutla di wilayah jajarannya, guna memaksimalkan dalam antisipasi terjadinya Karhutla, Senin (23/07/2018).

Pengecekan kali ini dilakukan di beberapa tempat yang merupakan wilayah rawan terjadinya kebakaran, bahkan hampir setiap tahunnya wilayah ini sering terjadi kebakaran, karena wilayah ini mayoritas merupakan lahan gambut.

Pengecekan yang dilakukan Dandim 0402/OKI beserta jajarannya ini meliputi pengecekan terhadap kondisi kesiapan bangunan Pos Pantau serta personel yang melakukan siaga maupun perlengkapan yang sudah tersedia berupa alat komunikasi, alat pemadam kebakaran dan alat transportasi.

Dari beberapa tempat yang telah dicek, masih terdapat Pos Pantau yang belum tersedia perlengkapan, hal ini akan dilengkapi berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. mengatakan, Posko dan Pos Pantau Karhutla ini dibentuk sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap terjadinya Karhutla di wilayahnya.

“Dan nantinya di Posko dan Pos Pantau ini akan disiagakan personel baik dari unsur TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni serta instansi terkait lainnya beserta masyarakat setempat,” tutup Seprianizar. (ferry/dispenad)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *