BBWSCC dan Kodam Jaya Sepakat Pelihara 4 Sungai dan 9 Situ di Jabodetabek

Jakarta – Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung dan Cisadane, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) melakukan kerja sama dengan Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya dalam pemeliharaan 4 Sungai dan 9 Situ di Jabodetabek.

Bentuk Kerjasama ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Jarot Widyoko dengan Panglima Kodam Mayjen TNI Joni Supriyanto yang disaksikan oleh Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Agung Djuhartono di Kantor BBWS Ciliwung Cisadane, Jakarta, Jumat (13/07/2018).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Agung Djuhartono menyambut baik dilakukannya kerja sama tersebut. “Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran TNI, di samping menjaga kedaulatan NKRI, juga mendukung ketahanan air dan pangan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Ciliwung dan Cisadane Jarot Widyoko menjelaskan, kerja sama akan berlangsung selama empat bulan, sejak 16 Juli 2018 hingga 26 Oktober 2018. Kerja sama pemeliharaan terhadap empat sungai yakni, Sungai Krukut dengan panjang penanganan 1.500 meter, Sungai Grogol sepanjang 973 meter, Sungai Sunter sepanjang 1.500 meter, dan Sungai Mookervaart sepanjang 850 meter.

“Keempat sungai tersebut merupakan sungai yang sudah dangkal. Sebelumnya kami bersama Kodam Jaya Jakarta telah menentukan titik-titiknya. Dengan dilakukannya pemeliharaan bersama, diharapkan sungai dan situ dapat lebih optimal dalam menampung air sehingga tidak meluap dan menggenangi wilayah sekitar saat musim hujan,” terang Jarot Widyoko.

Kerja sama pemeliharaan 9 situ yang berada di Kawasan Jabodetabek yakni Situ Leungsir, dan Situ Taman di Kabupaten Bekasi, Situ Rawa Bebek, dan Situ Rawa Lumbu di Kota Bekasi dan Situ Sidomukti, Situ Bahar, Situ Gadog, Situ Patinggi dan Situ Pengarengan di Kota Depok.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menambahkan, semoga melalui kerja sama ini TNI bisa memberi manfaat untuk masyarakat. “Kodam Jaya berperan aktif membantu tugas pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Kerja sama pemeliharaan merupakan karya bakti bersama personel BBWS Ciliwung Cisadane dengan Kodam Jaya berupa pekerjaan galian sedimen, pembuangan hasil galian di sekitar lokasi, pembuatan dan pemasangan papan larangan, pembangunan pagar, pemasangan paving blok, pembuatan jembatan box culvert yang dapat bermanfaat sebagai saluran air, perbaikan tebing batu kali dan pembersihan semak pada dinding sungai maupun situ.

 

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *