Pengerjaan Non Fisik TMMD, Komandan SSK TMMD Beri Penyuluhan Wasbang

Lombok Timur – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 di wilayah Kodim 1615/Lotim tidak hanya program fisik semata, namun juga program non fisik berupa penyuluhan yang melibatkan berbagai institusi baik TNI, Pemda maupun Kepolisian. Salah satu yang dilaksanakan hari ini pasca ibadah Sholat Jumat di Masjid Nurul Huda Dusun Embung Desa Sukadamai, kecamatan Jerowaru, Dan SSK TMMD ke 102 Kapten Inf Bimo Sakti memberikan wawasan kebangsaan kepada ratusan jamaah, Jumat (13/07/2018).

Bimo Sakti pada kesempatan tersebut menyampaikan, setiap warga memiliki hak dan kewajiban dalam bela negara. “Hal ini sesuai dengan UUD 1945 Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 30 ayat (1) yang menegaskan hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pertahanan negara,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Ketentuan tersebut sambungnya, dijabarkan dalam UU Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara. “Untuk itu kita sebagai warga negara yang baik harus mengetahui tentang bangsa sendiri yang terdiri dari puluhan ribu pulau, berbagai macam agama, suku, ras dan golongan yang hidup bersama dalam bingkai NKRI,” katanya.

“Bangsa Indonesia memiliki potensi alam yang luar biasa yang banyak diinginkan bangsa luar untuk menguasainya sehingga menjadi ancaman dan tantangan bagi kita untuk mempertahankannya,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, tujuan dari pemberian wawasan kebangsaan ini yakni membangun kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara sehingga akan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk membela tanah air, bangsa dan negara dari setiap rongrong-rongan yang dapat mengganggu keselamatan bangsa dan negara.

“Khususnya para pemuda jangan memiliki karakternya yang bersifat individualis, hedonis dan apatis terhadap lingkungan, namun jadilah generasi yang mempunyai karakter milenial yang baik, toleran, berjiwa sosial, peduli terhadap lingkungan serta selalu menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran,” tutupnya. (fer)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *