Pangdam Jaya Sampaikan Pentingnya Persatuan Di Untar

banner 468x60

Grogol  Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menjadi pembicara inti dalam seminar dan talk show dengan tema ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial di Jaman Now’ di Auditorium Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat, Kamis (24/05/2018).

Dalam seminar yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan pelajar dari SMA di Jakarta Barat ini, Pangdam Jaya menyampaikan pentingnya mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perubahan jaman ke era teknologi yang bisa dianggap menggerus nilai-nilai Pancasila.

Muat Lebih

banner 300250

“Jika kita tidak anggap penting persatuan dan kesatuan itu, akan jadi masalah penting bagi bangsa ini. Saya ingin kita sependapat bahwa Indonesia tetap satu, sehingga kita jadi negara yang hebat,” kata Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Pangdam juga mengatakan bahwa di jaman generasi milenial terdapat kreativitas tinggi, percaya diri dan terkoneksi satu sama lain. Namun kata Pangdam, hal itu terdapat juga kekurangan dimana generasi saat ini lebih menyukai sesuatu yang bersifat instan. Menurut Pangdam, hal ini menjadi titik kritis bagi bangsa, apalagi generasi penerus bangsa semakin terkoneksi dengan teknologi.

“Realitanya, banyak teknologi yang justru dimanfaatkan untuk kepentingan kurang baik, kadang bahkan untuk memecah-belah persatuan,” lanjut Pangdam.

Dengan kondisi itu, menurut Pangdam, bila para generasi muda menyadari besarnya Indonesia dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, maka hal tersebut akan dapat dinetralisir, sebab sejak dulu hingga sekarang nilai Pancasila tidak akan pernah berubah.

“Memang sekarang jaman now, lalu perilakunya turut berubah,? Nilai jaman dulu dan sekarang sama, tidak berbeda. Jaman boleh saja berubah, tapi nilai Pancasila tetap relevan,” pungkas Pangdam.

Dalam seminar juga diadakan sesi diskusi bersama Dr. Marten L. Sinaga, Budayawan Sobari, dan Audrey Ayu Jia Hui.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Tarumanegara Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan mengatakan, seminar ini berkat kerja sama dengan Korem 052/Wijayakrama untuk menegaskan Pancasila sebagai ideologi yang sudah final serta merekomendasikan kembali kepada generasi muda bahwa peran pemuda sangat signifikan sebagai pelopor pengamal Pancasila.

Ia juga menjelaskan, Kampus nya menjadi tempat seminar sebagai bentuk keterbukaan dalam pengembangan dan diskusi keilmuan.

Turut hadir dalam seminar antara lain Danrem 052/Wijayakrama, Asintel, Aster, Kapendam Kolonel Kristomei Sianturi dan Dandim 0503/Jakarta Barat Letkol Kav Andre Masengi. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *