Kantah Jakbar dan Kejari Jakbar Jalin Nota Kesepakatan Bersama

  • Whatsapp
Kepala Kantah Jakbar, Nandang Agus Taruna (kiri) dan Kepala Kejari Jakbar, Patris Yusrian Jaya (kanan) melakukan penandatanganan bersama nota kesepakatan kerjasama kedua lembaga.

Jakarta – Kantor Pertanahan (Kantah) Jakarta Barat melakukan nota kesepakatan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat.

Nota kesepakatan dengan Nomor: 127/13-31.73/V/2018 dan Nomor: B-02/0.1.12/Gs/05/2018  ini ditandatangani bersama oleh Kepala Kantah Jakbar, Nandang Agus Taruna dan Kajari Jakbar, Patris Yusrian Jaya di Gedung Kejari Jakbar, Jalan Kembangan Raya, RT 05/02, Kembangan Utara, Rabu (2/5) lalu.

Berdasarkan informasi yang didapat topikonline.co.id, Selasa (8/5), penandatanganan nota kesepakatan bersama ini mencakup tiga ruang lingkup kerjasama.

Pertama adalah pemberian dukungan data dan informasi, kemudian penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha Negara, dan terakhir kerjasama menyangkut peningkatan kompetensi teknis.

“Kami ingin mengoptimalkan koordinasi dan kerjasama antara BPN dan Kejari dalam melakukan penanganan permasalahan sengketa, konflik, maupun perkara di bidang perdata dan tata usaha negara,” kata Kepala Kantah Jakbar, Nandang Agus Taruna.

“Dengan nota kesepakatan bersama ini, kedua institusi sudah bisa secara bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sambungnya lagi.

BACA JUGA:

Disampaikan juga, dengan nota kesepakatan bersama ini BPN bisa lebih mudah melakukan identifikasi dan deliniasi pada peta pendaftaran terhadap hasil inventarisasi obyek bidang tanah yang menjadi obyek sita kejaksaan.

Kepala Kantah Jakbar, Nandang Agus Taruna dan Kepala Kejari Jakbar, Patris Yusrian Jaya, melakukan salam komando kerjasama usai penandatanganan nota kesepakatan.

BPN, lanjut Nandang, juga bisa lebih cepat memutuskan upaya pencegahan terhadap terbitnya sertifikat tanah yang bermasalah ataupun atas obyek sita kejaksaan.

“Nota kesepakatan bersama ini adalah wahana yang pas buat petugas di seluruh unit kerja kami untuk mendapatkan dukungan Kejari, khususnya menyangkut penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara. Teknis pelaksanaannya nanti menyesuaikan dengan kebutuhan,” jelasnya.

Kepala Kejari Jakbar, Patris Yusrian Jaya menambahkan, nota kesepakatan yang ditandatangani bersama ini juga selaras dengan dua hal yang jadi titik penting upaya penegakan hukum yang dilakukan Kejari Jakbar.

“Dua titik penting penegakan hukum yang kita lakukan adalah permasalah narkoba dan permasalahan pertanahan. Hampir 90% surat pengaduan yang kita terima materinya selalu terkait dengan salah satu dari dua hal tersebut,” jelas Patris.

“Oleh sebab itu melalui nota kesepakatan bersama ini kami dari Kejari Jakbar perlu lebih merapatkan barisan dengan Kantah Jakbar agar bisa tuntas menyelesaikan permasalahan pertanahan.”

Penandatanganan nota kesepakatan bersama ini juga turut disaksikan Kepala Bidang Infrastruktur Pertanahan Kanwil BPN DKI Jakarta, Esti Prajoko mewakili Kakanwil,  serta jajaran pejabat struktural di lingkungan Kantah Jakbar dan Kejari Jakbar.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *